Friday, June 21, 2024
HomeLainnyaInternasionalArab Saudi Akan Bangun Gedung Paling Megah di Dunia

Arab Saudi Akan Bangun Gedung Paling Megah di Dunia

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Arab Saudi akan membangun gedung terbesar di dunia. Proyek ini diperkirakan menghabiskan dana US$ 1 triliun atau sekitar Rp 15 ribu triliun.

Media Al Jazeera menyebut, proyek yang dinamakan The Mirror ini adalah pembangunan gedung yang terdiri dari dua bangunan kaca reflektif setinggi 488 meter atau 1.600 kaki dengan luas 120 kilometer.

Dua bangunan tersebut tersebut nantinya akan terhubung dengan akses mudah seperti jalan setapak dan stasiun kereta api bawah tanah yang berada di bawah bangunan tersebut.

.Baca : NASA Akan Tunda Misi Penjelajah Bulan hingga 2024

Wall Street Journal dalam laporannya mengatakan, mega proyek ini akan dibangun di barat laut dari pusat pemerintahan Arab Saudi.

Gedung raksasa yang didesain mampu menampung 5 juta orang tersebut mulai diketahui publik usai sebuah dokumen rahasia terungkap tahun lalu.

Dalam dokumen itu menjelaskan sebuah konsep seperti pertanian vertikal irigasi, marina kapal pesiar, dan stadion olahraga yang dibangun hingga 305 meter di atas tanah.

Pembangunan dilakukan di kota Neom yang digagas Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS). Kota ini sendiri dibangun dengan dana US$ 500 miliar.

Arab Saudi belakangan ingin menambah ‘portofolio’ mereka bersamaan dengan usaha Arab Saudi yang ingin menambah bisnis demi lepas dari ketergantungan terhadap minyak.

Dalam salah satu wawancara, Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan, sepanjang 170 kilometer Barat Laut Arab Saudi nantinya bebas mobil di jalanan dan no emisi karbon. Kota Neom ditargetkan selesai pada 2030, danproyek The Mirror Line paling cepat pada 2070 nanti.

Desain awal The Mirror Line di Arab Saudi dicetuskan oleh Morphosis Architects, milik pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker Thom Mayne.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK KAMIS 28 JULI 2022: Pisces Bersikap Terbuka, Sagitarius Percaya Diri dan Yakin, Cancer Menghindari Perselisihan, Virgo Suasana Hati yang Brillian

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 27 JULI 2022: Pisces Menikmati Hubungan Baik, Leo Tetap Positif dan Optimis, Scorpio Tunda Diskusi Rencana Pernikahan, Libra Hari Iideal untuk Cinta

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER