Thursday, April 25, 2024
HomeLainnyaInternasionalPresiden Ukraina Zelensky Perintahkan Warga di Wilayah Donetsk untuk Evakuasi

Presiden Ukraina Zelensky Perintahkan Warga di Wilayah Donetsk untuk Evakuasi

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta warga di wilayah Donetsk timur untuk evakuasi. Di mana lokasi tersebut menjadi tempat pertempuran sengit dengan Rusia.

Dilansir reuters Minggu (31/7/2022), dalam pidatonya di televisi larut malam, Zelensky mengatakan ratusan ribu orang yang masih berada di zona pertempuran di wilayah Donbas yang lebih besar, yang berisi Donetsk serta wilayah tetangga Luhansk. Dia memerintahkan warganya untuk pergi.

“Semakin banyak orang meninggalkan wilayah Donetsk sekarang, semakin sedikit orang yang akan dibunuh oleh tentara Rusia,” katanya, seraya menambahkan bahwa penduduk yang pergi akan diberikan kompensasi.

.Baca : Presiden Prancis Macron Sebut Putin Lakukan Kesalahan Bersejarah di Ukraina

Secara terpisah, media domestik Ukraina mengutip Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk yang mengatakan evakuasi perlu dilakukan sebelum musim dingin dimulai karena pasokan gas alam di kawasan itu telah hancur.

“Banyak yang menolak pergi tapi tetap harus dilakukan,” kata Zelensky.

“Jika kamu memiliki kesempatan, tolong bicara dengan mereka yang masih berada di zona pertempuran di Donbas. Tolong yakinkan mereka bahwa itu perlu untuk pergi,” lanjutnya.

Sebelumnya pada hari Sabtu, militer Ukraina mengatakan lebih dari 100 tentara Rusia telah tewas dan tujuh tank hancur dalam pertempuran di selatan pada hari Jumat, termasuk wilayah Kherson yang menjadi fokus serangan balasan Kyiv di bagian negara itu dan mata rantai utama di Moskow.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SENIN 1 AGUSTUS 2022: Libra Percaya Diri, Aries Jadilah Flamboyan dan Genit, Leo Sangat Kreatif, Cancer Bertemu Orang-orang yang Tulus dan Jujur

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK MINGGU 31 JULI 2022: Sagitarius Harus Sedikit Berhati-hati, Aries Menemukan Kelegaan, Capricorn Jangan Ceroboh, Libra Lebih Hemat

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER