Jalan Kaki Merupakan Olahraga Praktis yang Membawa Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi, jalan kaki. (Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Hasil penelitian Universitas Stanford pada 2017 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan bangsa paling malas jalan kaki di dunia.

Dalam penelitian tersebut, masyarakat Hong Kong menempati urutan teratas dengan jumlah rata-rata jalan kaki sebanyak 6.880 langkah. Sementara orang Indonesia diprediksi hanya 3.513 langkah setiap harinya.

Angka tersebut sangat miris sebab Kementerian Kesehatan menemukan bahwa angka malas jalan kaki masyarakat Indonesia berkaitan dengan kemunculan dan peningkatan angka penyakit tidak menular, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Padahal, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, jalan kaki merupakan olahraga praktis yang membawa banyak manfaat sebagai berikut:

Manfaat Jalan Kaki

1. Menjaga Kesehatan Jantung

National Heart Foundation of Australia memperkirakan bahwa berjalan kaki sekitar 30 menit atau lebih setiap hari akan menurunkan risiko penyakit jantung dan terkena strok hingga 35 persen. Selain itu, jalan kaki juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, serta memperlancar sirkulasi darah.

2. Mencegah Diabetes

Jalan kaki juga terbukti secara ilmiah dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2-30 persen. National Institute of Diabetes and Digestive & Kidney Diseases juga memperkirakan bahwa rutin berjalan kaki sekitar 6 kilometer berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir serta berbicara. Situs alzi.or.id memperkirakan terdapat 1,2 juta orang di Indonesia yang menderita penyakit ini pada tahun 2016. Oleh karena itu, berjalan kaki diyakini sebagai salah satu upaya mengurangi risiko penyakit alzheimer karena memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, termasuk otak.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.