Monday, May 20, 2024
HomeLainnyaNasionalBareskrim Polri Sebut Aliran Dana Rp10 M dari Yayasan ACT ke Koperasi...

Bareskrim Polri Sebut Aliran Dana Rp10 M dari Yayasan ACT ke Koperasi Syariah 212 untuk Bayar Utang

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Bareskrim Polri menyebutkan aliran dana sebesar Rp10 miliar dari yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ke Koperasi Syariah 212 bertujuan untuk membayar utang perusahaan afiliasi.

Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Andri Sudarmaji mengatakan duit Rp10 miliar itu berasal dari dana donasi untuk korban jatuhnya pesawat Lion Air.

“Pembayaran utang salah satu perusahaan afiliasi ACT, Rp 10 miliar bersumber dari dana sosial Boeing,” ujar Andri saat dikonfirmasi, Rabu (3/8).

.Baca : MUI Minta Kasus ACT Diusut Tuntas

Andri menuturkan polisi masih mendalami aliran dana yang diselewengkan oleh ACT kepada pihak terkait lainnya.

“Kita dalami terus terhadap pihak-pihak terkait,” katanya.

Bareskrim Polri sebelumnya menyatakan dana Yayasan ACT dari donasi Boeing diduga dipakai tak sesuai peruntukannya sebesar Rp34 miliar. Dari jumlah tersebut, sekitar Rp10 miliar mengalir untuk Koperasi Syariah 212.

Dalam kasus ini Bareskrim telah menetapkan pendiri sekaligus mantan Presiden ACT Ahyudin, Presiden ACT saat ini Ibnu Khajar, serta dua petinggi ACT Hariyana Hermain dan Novariandi Imam Akbari sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggelapan dana donasi ACT.

Atas perbuatannya, keempat tersangka dijerat dengan Pasal 372 KUHP, Pasal 374 KUHP, Pasal 45a Ayat 1 juncto Pasal 28 Ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2012 Tentang ITE.

Selain itu mereka juga dikenakan Pasal 70 Ayat 1 dan 2 juncto Pasal 5 UU Nomor 16 Tahun 2001 sebagaimana diubah UU Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan, Pasal 3,4 dan 6 UU Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencucian Uang, dan Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP.

Ahyudin dan Ibnu Khajar serta dua tersangka lainnya juga terancam hukuman 20 tahun penjara akibat tindak pidana pencucian uang (TPPU).(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK KAMIS 4 AGUSTUS 2022: Aries Pertemuan Romantis, Sagitarius Ingin Dicintai dan Dimanjakan, Leo Cinta Anda Tak Terbatas, Virgo Menunjukkan Cinta dari Waktu ke Waktu

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 3 AGUSTUS 2022: Libra Nikmati Waktu Romantis Bersama Pasangan, Cancer Pendekatan yang Lembut, Gemini Mencurahkan Perhatian Sama Pasangan, Aries Memulai Awal yang Baru

 

Sumber:cnnindonesia

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER