Friday, March 29, 2024
HomeHealthMudah Dibuat, Sederet Manfaat Makan Telur Rebus

Mudah Dibuat, Sederet Manfaat Makan Telur Rebus

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Selain mudah dibuat, telur rebus juga kaya manfaat. Protein dalam telur tidak diragukan lagi namun cara memasak dengan merebus ternyata membuat protein mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Protein ini mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, protein dalam telur juga penting dalam pembangunan massa otot tanpa lemak. Dilansir dari medicinenet dan cookinglight, berikut manfaat makan telur rebus.

Jaga kesehatan otak 
Kandungan yang ada dalam telur rebus tidak hanya protein tetapi juga vitamin, mineral, lemak tak jenuh, serta antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak. Tidak heran jika manfaat makan telur rebus salah satunya menjaga kesehatan otak.

Bantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol 
Banyak orang percaya kolesterol dalam telur dapat membahayakan jantung dan menganggap jika makan telur dalam jumlah banyak tidak bagus untuk kesehatan. Sebaliknya, mengonsumsi telur dalam jumlah banyak justru baik untuk kesehatan jantung ataupun pembuluh darah, terlebih jika diolah dengan cara direbus karena telur rebus mengandung antioksidan, potasium, dan kolesterol baik yang berguna mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

Kurangi risiko penyakit kronis 
Telur mengandung banyak vitamin D. Lebih dari 10 persen kebutuhan vitamin D tubuh dapat dipenuhi oleh sebutir telur. Vitamin inilah yang membuat makan telur dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti kanker, juga diabetes tipe 2 karena vitamin D yang mempengaruhi penyerapan kalsium dan berpengaruh pula pada kesehatan gigi dan tulang.

Bantu pembentukan sel darah merah
Telur mengandung vitamin B yang dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin B12 juga sangat penting dalam pembentukan sel darah merah, juga fungsi sistem saraf pusat.

Tingkatkan kesehatan mata 
Kandungan zeaxanthin, lutein, dan selenium dapat melindungi mata dari kerusakan yang bersifat oksidatif. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti katarak serta degenerasi makula.

Perbaiki kulit, kuku, dan rambut 
Beberapa kandungan dalam telur dapat memperbaiki kerusakan kulit, kuku, serta rambut. Kandungan itu seperti vitamin, mineral lemak baik, dan yang paling fenomenal yaitu protein.

Tingkatkan kesehatan mental 
Siapa sangka olahan sederhana telur rebus dapat meningkatkan kesehatan mental karena telur rebus  kaya asam amino esensial, vitamin B, zat besi, juga kolin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. (*)

 

Sumber: tempo.co

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER