Presiden Jokowi Mengaku Sedih Melihat Banyak WNI Memilih ke Luar Negeri Untuk Berobat

Editor: Redaksi

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sedih, banyak warga negara Indonesia yang pergi ke luar negeri. Bukan karena liburan, melainkan banyak WNI yang justru lebih memilih berobat di luar negeri ketimbang di dalam negeri.

Kesedihan Jokowi sejatinya bukan tanpa alasan. Bukan karena berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang dimiliki Indonesia yang tidak memadai, melainkan juga karena devisa yang keluar untuk membiayai pengobatan yang begitu besar.

“Berapa capital outflow kita, uang yang keluar membiayai rumah sakit? Lebih dari Rp 110 triliun tiap tahunnya,” kata Jokowi saat meresmikan Tower A dan B RSUD dr. Soedarso di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, seperti dikutip Rabu (10/8/2022)

Jokowi lantas merujuk pada pernyataan yang disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yang mengatakan banyak warga negara Indonesia yang lebih memilih berobat ke Kuching, Malaysia.

“Saya paling sedih kalau mendengar ada warga negara kita yang sakit, kemudian perginya ke luar negeri, ke Malaysia, ke Singapura, ada yang ke Jepang, ada yang ke Amerika,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan komitmennya untuk terus memperbaiki sejumlah fasilitas kesehatan yang ada. Khusus di RSUD Dr. Soedarso sendiri, kata Jokowi, kini fasilitasnya pun tidak kalah dengan rumah sakit internasional lainnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.