Berikut 2 Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline dan Online

Editor : Sudianto Pane

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Cara membuat BPJS Kesehatan offline dan online sangatlah mudah. Masyarakat yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta asuransi kesehatan negara tersebut bisa melakukan langkah berikut.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang menanggung sejumlah layanan pengobatan medis untuk setiap pesertanya.

Layanan medis tersebut mencakup berobat jalan, gawat darurat, kebutuhan ambulans, penanganan untuk melahirkan, kecelakaan, rawat inap, sampai tindakan operasi.

.Baca : Bulan Ini, Pemerintah Uji Coba Kelas Standar BPJS Kesehatan di 5 Rumah Sakit

Sementara kategori pesertanya terdiri atas tiga kategori yang nantinya bisa dipilih sesuai kelas ekonomi masing-masing karena berkaitan dengan besaran iuran yang harus dibayarkan per bulan.

Iuran BPJS Kesehatan

Sebelum ke proses membuat BPJS Kesehatan, perlu Anda tahu bahwa iuran per bulan per orang dari setiap kelasnya berbeda-beda. Di bawah ini daftar iuran terbaru di 2022.

Kelas I Rp150 ribu per bulan per orang.
Kelas II Rp100 ribu per bulan per orang.
Kelas III Rp35 ribu per bulan per orang.

Khusus untuk kelas III, sebenarnya telah mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 ribu dari besaran iuran normalnya Rp42 ribu.

Sementara itu, cara membuat BPJS Kesehatan mandiri kurang lebih prosesnya hampir sama, baik itu offline maupun online.

Perbedaannya ada pada sistem yang dipilih, yaitu offline berarti ke kantor cabang BPJS terdekat di kabupaten/kota, atau online melalui Mobile JKN.

Cara Membuat BPJS Kesehatan Offline

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.