Waspada NIK Dicatut Parpol untuk Daftar Pemilu 2024

Editor : Sudianto Pane

Foto Kantor KPU
Foto Kantor KPU
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) meminta masyarakat segera melaporkan jika Nomor Induk Kependudukan (NIK) dicatut partai politik. Laporan tersebut sangat membantu KPU untuk melakukan verifikasi administrasi.

“Kalau ada masyarakat merasa dirinya bukan menjadi anggota parpol tetapi terdaftar silakan berikan masukan, tanggapan. Misalnya dia anggota partai A, terdaftar di partai B, bisa memberikan tanggapan kepada kami untuk kami klarifikasi kepada parpol dalam masa verifikasi administrasi,” kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos, kepada wartawan, Kamis (11/8).

taboola mid article

Betty menjelaskan bahwa KPU sudah membuka seluas-luasnya kepada publik untuk mengecek apakah identitas diri dicatut partai politik atau tidak. Laporan itu sebagai bahan masukan kepada KPU untuk melakukan verifikasi administrasi setelah pendaftaran dilakukan partai politik.

.Baca : Kabar Baik! Honor Petugas Pemilu 2024 Naik, Ini Rinciannya

Betty melanjutkan, laporan masyarakat itu penting agar KPU bisa memverifikasi kepada parpol yang melakukan pendaftaran tersebut. KPU akan meminta nama masyarakat dicatut sebagai kader oleh partai politik saat pendaftaran Pemilu 2024 dihapus dari Sistem Informasi Parpol (Sipol).

“Kan perlu diverifikasi kepada parpol, kepada yang bersangkutan. Kalau misalnya yang bersangkutan menyatakan saya bukan anggota parpol, tentu diverifikasi nanti kepada parpol, lalu kepada yang bersangkutan. Kalau penyelenggara Pemilu, tentu kami akan meminta parpol untuk menghapus dalam masa perbaikan, kan ada masa perbaikan ketika verifikasi administrasi,” ujar dia.

Kendati begitu, KPU belum dapat memberitahu jumlah pasti nama dicatut parpol di Sipol. Sebab, hingga saat ini proses pendaftaran masih berlangsung.

“Kami lagi kumpulin, sabar dong kan masih belum selesai masa pendaftarannya. Kami kumpulkan, sabarlah kan masih sampai tanggal 14,” kata dia.

98 Nama Anggota KPUD Dicatut

KPU sebelumnya menemukan puluhan anggota KPU Daerah yang tercatut menjadi kader parpol. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 98 orang.

“Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh berbagai KPU Provinsi kepada Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI per pukul 19:08 WIB, 4 Agustus 2022, ada 98 orang penyelenggara pemilu di daerah yang telah menyampaikan pengaduan bahwa nama-nama mereka ada di dalam daftar keanggotaan partai politik yang ada di dalam aplikasi SIPOL,” ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik dalam keterangannya, Jumat (5/8).

Mereka terdiri dari komisioner dan sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sejumlah daerah. Padahal menurut pengakuan yang bersangkutan tidak pernah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik atau tidak pernah mengajukan diri menjadi anggota partai politik.

“Ke-98 orang tersebut tersebar di 22 provinsi dengan rincian 4 orang personalia sekretariat KPU Provinsi unsur PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri), 22 orang komisioner KPU Kabupaten/Kota, dan 72 orang personalia sekretariat KPU Kabupaten/Kota, di antaranya terdapat 80 persen berasal dari PPNPN,” imbuh Idham.

Penyebab Nama Dicatut

Idham mengungkapkan penyebab banyaknya nama penyelanggara pemilu yang dicatut tanpa izin oleh partai politik (parpol) di Sipol.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.