Wapres Ma’ruf Amin Kenakan Baju Adat Banten di HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Editor : Sudianto Pane

Wakil presiden K.H. Ma'ruf Amin bersama istri menghadiri peringatan kemerdekaan RI ke-77 dalam balutan baju adat Provinsi Banten
Wakil presiden K.H. Ma'ruf Amin bersama istri menghadiri peringatan kemerdekaan RI ke-77 dalam balutan baju adat Provinsi Banten
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Wakil presiden K.H. Ma’ruf Amin bersama istri menghadiri peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI dengan memakai baju adat Provinsi Banten.

Mengutip siaran media Sekretariat Wakil Presiden, ia mengenakan baju adat yang terdiri dari Iket Lomar bermotif Tapak Kebo, baju dalam putih dengan kerah tinggi, jas hitam motif daun Hanjuang emas, serta kain samping bermotif serupa iket, serta celana panjang hitam.

Istrinya, Wury Ma’ruf Amin, mengenakan kebaya putih, kerudung hitam berlapis putih, serta selendang dan bawahan hitam dengan motif batik emas.

.Baca : Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton pada HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Dalam momen jelang upcara peringatan detik-detik Proklamasi, Ma’ruf mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersinergi demi pemulihan dampak krisis.

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan, bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat,” katanya.

Berikut adalah makna mendalam baju adat Banten yang dikenakan Ma’ruf dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi Repulbik Indonesia.

1. Iket Lomar bermotif tapak kebo

Iket lomar dengan motif tapak kebo atau garuda yaksa ini diambil dari budaya Suku Baduy. Motif melambangkan kegigihan dalam bekerja. Kemudian warna emas melambangkan kedalaman hati, budi pekerti dan kecemerlangan pikiran dalam menatap masa depan.

Selain itu, emas juga lambang kekayaan kemewahan, kesehatan dan kegembiraan masyarakat Banten.

2. Baju dalam putih berkerah tinggi

Sekilas baju dalam mirip dengan baju koko sebab terdapat kerah tinggi. Ini melambangkan religiusitas dan kebhinekaan masyarakat Banten. Putih melambangkan kesucian, keikhlasan, kebersihan dan ketepatan.

Baju dalam memiliki kancing bulat yang melambangkan kebulatan tekad dalam berkarya dan melaksanakan tugas kewajiban.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.