Aktif di Twitter, Seorang Wanita Asal Arab Saudi Dihukum 34 Tahun Penjara

Salma al-Shehab
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM РPengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman 34 tahun penjara kepada seorang wanita karena aktivitasnya di Twitter. Menurut dokumen pengadilan, hukuman dijatuhkan terhadap Salma al-Shehab karena ia membantu para pembangkang yang berusaha mengganggu ketertiban umum di Arab Saudi. Putusan hukuman dilakukan pada 9 Agustus 2022.

Salma al-Shehab adalah seorang kandidat PhD di Universitas Leeds Inggris. Ia merupakan ibu dua anak. Sebagai bagian dari hukuman, ia juga dilarang bepergian ke luar negeri selama 34 tahun.

Dengan sekitar 2.600 pengikut di Twitter, Salma al-Shehab sering men-tweet tentang hak-hak perempuan di Arab Saudi yang merupakan negara Muslim Sunni konservatif itu. Hukuman dijatuhkan di tengah tindakan keras terhadap aktivis hak asasi manusia di negara Teluk yang kaya minyak tersebut. Banyak dari mereka telah dijatuhi hukuman penjara dan larangan bepergian.

Putusan hukuman terjadi kurang dari sebulan setelah kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi. Kunjungan itu dikritik karena Arab Saudi dikenal memiliki catatan hak asasi manusia.

Salma al-Shehab ditangkap di Arab Saudi pada Januari 2021 ketika dia sedang berlibur dari studinya di Inggris. Awalnya perempuan berusia 34 tahun itu dijatuhi hukuman enam tahun pada Juni, termasuk tiga tahun yang ditangguhkan dan larangan perjalanan dengan jangka waktu yang sama. Namun pengadilan banding menambah hukuman terhadap al-Shehab bulan ini. Ia dapat mengajukan banding dalam waktu 30 hari di pengadilan tertinggi kerajaan, menurut dokumen pengadilan.

Kelompok hak asasi yang berbasis di London, ALQST, mengecam putusan itu. Kelompok itu menggambarkan putusan terhadap al-Shehab sebagai hukuman penjara terpanjang otoritas Saudi untuk seorang aktivis damai.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.