Thursday, March 28, 2024
HomeLainnyaNasionalPemerintah Siapkan Vaksin Covid-19 Anak di Bawah 6 Tahun

Pemerintah Siapkan Vaksin Covid-19 Anak di Bawah 6 Tahun

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Menteri Kesehatan (Budi) Budi Gunadi Sadikin menyebut pemerintah tengah menyiapkan vaksin Covid-19 untuk anak usia di bawah 6 tahun. Budi mengaku pemerintah sudah mulai menjajaki untuk mendapatkan vaksinĀ tersebut.

“Salah satu inisiatifnya, vaksinasi untuk anak di bawah 6 tahun sudah mulai dijajaki. Sudah ada vaksinnya, di dunia namanya vaksinasi pediatric. Sudah kita jajaki,” ujar Budi dalam jumpa pers virtual, Selasa (23/8/2022).

Selain vaksin anak di bawah 6 tahun, Budi menyebut pemerintah juga menyiapkan vaksin untuk kelompok lansia yang memiliki komorbid, atau penyakit penyerta. Menurut Budi, vaksin akan digeber untuk menghadapi adanya varian baru Covid-19Ā di tahun 2023 mendatang.

.Baca :Ā Penyakit Cacar Monyet Telah Ditemukan di Indonesia, Presiden Jokowi: Segera Sediakan Vaksin!

“Kedua vaksinasi untuk kelompok lansia yang komorbid yang kadar imunitasnya turun, karena lebih dari 6 bulan. Itu kita berikan altenatif vaksinnya untuk menjaga kadar imunitas populasi Indonesia untuk menghadapi tahun depan jika ada varian baru,” kata dia.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk kembali melakukan vaksinasi Covid-19 di akhir tahun. Vaksinasi ini nantinya akan difokuskan untuk masyarakat yang memiliki imunitas rendah.

“Arahan Bapak Presiden nanti rencananya di akhir tahun kita akan melakukan vaksinasi, terutama diarahkan bagi golongan yg memang imunitasnya rendah,” kata Budi Gunadi dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Dia menyampaikan bahwa kasus konfirmasi Covid-19 di beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan Amerika mencapai 100.000 per hari. Budi menyebut tingginya kasus konfirmasi ini berpotensi memunculkan varian baru Covid-19.

Untuk itu, kata dia, Indonesia harus bersiap melakukan antisipasi agar masyarakat memiliki imunitas tinggi apabila varian baru Covid-19 muncul. Salah satunya, dengan kembali melakukan vaksinasi.

“Pasti akan timbul varian baru karena ada kasus konfirmasi segitu. Itu membuat Indonesia harus siap-siap dengan adanya sub varian baru di Eropa, sub varian baru di Amerika karena kasus konfirmasi yang tinggi,” jelasnya.

Pemerintah Akan Mulai Lakukan Sero Survei

Budi menuturkan pihaknya akan mulai melakukan sero survei pada November mendatang, untuk mendata daerah-daerah mana saja yang imunitasnya sudah rendah dan beresiko tinggi. Nantinya, kelompok inilah yang akan kembali diberi vaksinasi Covid-19.

“November akan sero survey lagi daerah mana yang imunitasnya sudah turun, lalu orang mana yang berisiko tinggi. Nanti itu yang kita berikan vaksinasi agar bisa meningkatkan mempersiapkan memperbaiki kadar imunitas masyarakat tersebut,” tutur dia.

“Insya Allah jika ada varian baru, mudah-mudahan tidak, di bulan Februari-Maret, maka imunitas populasi Indonesia itu tetap tinggi,” sambung Budi.(*)

 

.Baca :Ā RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 24 AGUSTUS 2022:Ā Scorpio Sangat Tenang dan Ramah,Ā Gemini Cobalah untuk Santai,Ā Capricorn Momen Bahagia dengan Pasanganmu,Ā Aries Gunakan Pendekatan yang lebih Santai

.Baca :Ā RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SELASA 23 AGUSTUS 2022:Ā Aquarius Buah dari kesabaran akan manis,Ā  Virgo Menikmati Sisi Ringan dari Hubungan,Ā  Taurus Saling Pengertian dan Toleransi,Ā Aries Cobalah untuk Terbuka dan Jujur

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER