Pemerintah Hitung Dampak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Secara Cermat

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi suasana sebuah SPBU di Nagoya.
Ilustrasi suasana sebuah SPBU di Nagoya.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah masih membahas rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti pertalite dan solar. Salah satunya menghitung dampak kenaikan BBM bersubsidi secara cermat.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Hageng Nugroho mengatakan, perhitungan cermat dilakukan karena kenaikan BBM berdampak luas. Misalkan terjadi polemik di tengah masyarakat, sebagaimana kenaikan harga minyak goreng beberapa waktu lalu.

“Pemerintah berhasil itu adalah pemerintah yang masyarakatnya bisa mendapatkan kebutuhannya,” katanya kepada Pro3 RRI, Kamis (25/8/2022). “Pemerintah tidak akan semena-mena menghilangkan subsidi kalau masih ada masyarakat yang membutuhkan.”

.Baca :vPemerintah Masih Menyusun Skema Penyesuaian Harga BBM

Selain polemik, tambahnya, pemerintah juga mempertimbangkan ada tidaknya risiko inflasi yang diakibatkan oleh kenaikan harga BBM. Pemerintah juga harus mempertimbangkan seberapa besar daya beli masyarakat, serta tingkat pertumbuhan ekonomi.

“Kita mempertimbangkan, kalau dinaikin akan menambah rangkaian miskin atau kemiskinan rakyat Indonesia atau tidak,” ujarnya. “Ini hitung-hitungannya selain juga multidimensi, juga kompleksitasnya tinggi.”

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.