Ranperda APBD 2022, Amsakar Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi-fraksi

Editor : Sudianto Pane

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad memberikan tanggapan atau jawab perihal pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Batam perihal Ranperda APBD Kota Batam Tahun 2022 di Kantor DPRD Batam, Rabu (24/8).
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad memberikan tanggapan atau jawab perihal pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Batam perihal Ranperda APBD Kota Batam Tahun 2022 di Kantor DPRD Batam, Rabu (24/8).

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad memberikan tanggapan atau jawab perihal pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Batam perihal Ranperda APBD Kota Batam Tahun 2022 di Kantor DPRD Batam, Rabu (24/8).

Ia mengucapkan terimakasih juga mengapresiasi anggota dan pimpinan DPRD Batam yang telah memberikan pemandangan umum atas ranperda tersebut beberapa waktu lalu. “Dan, menyetujui untuk dilanjutkan pembahasannya sesuai tata tertib DPRD Kota Batam,” kata Amsakar yang hadir mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Salah satu yang mencuat dalam pandangan umum fraksi-fraksi yakni harapan perihal upaya peningkatan pendapatan daerah. Amsakar mengungkapkan, Pemerintah Kota Batam terus berupaya untuk mengoptimalkan pendapatan melalui kebijakan ekstensifikasi dan intensifikasi dengan menggunakan fasilitas IT agar menghindari kebocoran.

.Baca : Batam Sukses Gelar Turnamen Bola Basket, Tiga Negara Unjuk Gigih

“Di samping, berupaya meningkatkan kemampuan SDM penghasil untuk menggali potensi pendapatan daerah di Kota Batam,” kata Amsakar menjawab pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui, antara lain: peningkatan infrastruktur, menciptakan iklim investasi yang kondusif, dan memberikan kemudahan izin usaha. “Sehingga dapat mendorong kenaikan pendapatan per kapita masyarakat Kota Batam yang berdampak terhadap penerimaan PAD baik dari pajak daerah, retribusi daerah maupun lain-lain pendapatan asli daerah yang sah,” ucap dia.

Harapan perihal agar proyeksi PAD tercapai juga disampaikan fraksi Nasdem. Menurutnya, Pemko Batam akan terus melakukan sosialisasi pada masyarakat agar kesadaran wajib pajak atau retribusi meningkat. “Sekaligus menanggapi pemandangan umum yang disampaikan oleh anggota dewan terhormat Bapak Biyanto dari fraksi Partai Amanat Nasional,” ujarnya.

Menanggapi pemandangan umum yang disampaikan Fraksi Gerindra, Amsakar sepakat akan saran agar Pemko Batam lebih inovatif dan kreatif dalam upayanya meningkatkan PAD salah satunya melalui optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah dengan penggunaan teknologi pembayaran secara digital dan pengawasan secara online.