Rokok Tanpa Pita Cukai Bebas Beredar di Batam, Aparat Tidak Bertindak

Rokok (foto net)
Rokok (foto net)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Penindakan hukum barang ilegal di Kota Batam ternyata tidak berlaku untuk peredaran rokok filter ilegal tanpa pita cukai. Pasalnya rokok tanpa cukai ini makin marak dan digemari oleh kalangan perokok di Batam.

Pantauan Suryakepri.com, peredaran rokok filter tanpa cukai tidak berkurang dan mudah ditemukan di pasar eceran dengan harga bervariasi 9.000-10.000 per bungkus. Banyak kios menjual rokok secara terang-terangan meski sejumlah kios menjual secara terselubung dan hanya mengeluarkan rokok bila pembeli meminta.

Dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang rokok lain yang berpita cukai, rokok tanpa cukai diakui menjadi pilihan perokok karena rasanya tidak jauh berbeda dengan rokok sejenis.

“Saya sudah cukup lama ganti ke rokok ini karena rasanya tidak berbeda dengan rokok lainnya dan harganya sangat murah. Mungkin karena tidak ada cukai makanya harganya murah,” ujar seorang perokok di Batam Center.

Diakui, untuk mendapatkan rokok tanpa pita cukai tidak sulit karena dijual di kios-kios eceran. Rokok ilegal ini hanya tidak dijual di toko-toko besar seperti di Alfamart, Indomaret, mall, dan toko besar.

 

Seorang pemilik kios di perumahan di Batam Center mengaku secara rutin mendapat pasokan. Diakui dia tidak berani memajang rokok merek ini, namun tidak menjadi halangan karena pembeli akan menanyakan. “Laris rokok ini. saya hanya menjual saja. Soal ini ilegal karena atau tidak saya tidak tahu. Tidak pernah dirazia tapi saya jaga-jaga saja karena kabarnya ini rokok tak boleh ya,” ujarnya.

Sementara pemilik kios yang memajang rokok tanpa pita cukai  mengaku tidak khawatir karena hanya menjual eceran. “Kalau dilarang paling disita karena kami hanya menjual karena banyak pembeli yang menanyakan rokok ini,” ujarnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.