BPOM Resmi Setujui Vaksin Covovax untuk Booster Covid-19

Editor : Sudianto Pane

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi persetujuan perluasan EUA Vaksin Covovax untuk penambahan dosis booster. Hal itu ditujukan untuk dewasa usia 18 tahun atau lebih pada 19 Agustus 2022.

“Dalam penggunaannya sebagai booster homolog, Vaksin Covovax diberikan dalam 1 dosis (0.5 mL). Sekurang-kurangnya 6 bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer dengan Vaksin Covovax,” ujar Kepala BPOM, Penny K. Lukito dikutip dalam keterangan, Selasa (13/9/2022).

Vaksin Covovax merupakan vaksin covid-19 dengan platform protein subunit glikoprotein spike. Menggunakan adjuvant Matrix-M1 yang dikembangkan Novavax Inc Amerika Serikat.

.Baca : Vaksin Covid-19 Buatan RI yang Direstui Presiden Jokowi: Inavac dan Indovac

Vaksin ini diproduksi oleh Serum Institute of India dan didaftarkan di Indonesia oleh PT Indofarma. Vaksin Covovax merupakan satu dari 13 vaksin yang telah mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA).

Dalam pemberian izin edar obat, termasuk EUA vaksin, BPOM mengutamakan aspek khasiat, keamanan, dan mutu. “Pemberian EUA Vaksin Covovax sebagai booster homolog dilakukan setelah BPOM bersama para ahli melakukan evaluasi,” katanya.a

Ia mengatakan, hasil dua studi klinik tersebut memperlihatkan efektivitas pemberian booster enam bulan setelah vaksinasi primer lengkap. Terutama pada kelompok usia 18 tahun ke atas.

“Hasil studi juga menunjukkan profil keamanan yang serupa dengan profil keamanan pada pemberian vaksinasi dosis primer. Serta dapat ditoleransi dengan baik,” ucapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.