Demo Tolak Kenaikan BBM di Dekat Istana, Massa Buruh Juga Desak UU Ciptaker Dicabut

Editor : Sudianto Pane

Foto Demo Buruh di dekat istana
Foto Demo Buruh di dekat istana
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Massa dari Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) di dekat istana presiden yakni di titik Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (13/9).

Mereka melakukan aksi di sana karena disekat kepolisian menggunakan barikade berlapis agar tak menerobos ke depan istana yang ada di Jalan Medan Merdeka Utara.

Dalam aksi hari ini massa buruh menyuarakan sejumlah tuntutan, termasuk menolak kenaikan harga BBM dan harga kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu, massa juga menuntut pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja dan menolak revisi RKUHP yang dinilai masih bermasalah.

.Baca : Tolak Kenaikan Harga BBM, BEM UI Sentil 200 Proyek Stranas Pakai APBN

“Desakan kami adalah pertama batalkan kenaikan BBM. Turunkan harga-harga karena rakyat semakin sulit pendapatannya, semakin minim bahkan banyak kehilangan pekerjaan, kehilangan sumber ekonomi baik di desa- maupun di kota,” tutur Juru Bicara Gebrak Nining Elitos di lokasi demo.

“Terus kemudian cabut Omnibus Law UU Ciptaker, termasuk juga pembatalan revisi RKUHP,” lanjutnya.

Nining mengatakan tuntutan tersebut disuarakan karena kebijakan pemerintah dianggap tidak berpihak kepada rakyat. Ia juga mengatakan aksi hari ini sebagai peringatan bagi pemerintah.

Tak berhenti di situ, Nining juga menyebut buruh tengah bersiap untuk mengadakan mogok kerja sebagai bentuk protes terhadap kekuasaan.

“Kebijakan ini tidak berpihak pada rakyat. Jangan sampai kemudian rakyat betul-betul marah. Hari ini adalah sebagai peringatan terhadap kekuasaan,” kata Nining.

“Iya kita ini akan mempersiapkan pemogokan-pemogokan karena memang ini adalah sebagai peringatan kita pada kekuasaan. Berhentilah mengeluarkan berbagai kebijakan,” sambung Nining.

Sementara itu, Nining mengklaim massa aliansi Gebrak yang datang dalam demonstrasi hari ini bakal sebanyak 10 ribu massa. Ia menjelaskan massa berasal dari buruh, mahasiswa, hingga pelajar dari berbagai wilayah.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.