Rekening Gubernur Papua Lukas Enembe Diblokir PPATK

Editor: Redaksi

Gubernur Papua, Lukas Enembe
Gubernur Papua, Lukas Enembe
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening Gubernur Papua Lukas Enembe. Pemblokiran rekening Lukas Enembe itu berkaitan dengan perkara di KPK.

“(Diblokir) Sudah sejak beberapa waktu lalu,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (13/9/2022).

Ivan menjelaskan pemblokiran rekening Lukas Enembe itu berkaitan dengan perkara yang tengah diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengaku telah berkoordinasi secara intens dengan KPK.

“Iya (terkait perkara yang diusut KPK). Sejak lama kami koordinasi sangat intens,” jelasnya.

Lukas Enembe Tersangka KPK

Pengacara Lukas Enembe Stefanus Roy Rening mengungkap kliennya telah berstatus tersangka KPK di dugaan perkara suap dan gratifikasi senilai Rp 1 miliar. Dia mengherankan KPK yang menetapkan kliennya sebagai tersangka.

“Saya mendapat informasi bahwa perkara ini sudah penyidikan, itu artinya sudah ada tersangka. Ada surat dari KPK, 5 September Bapak Gubernur sudah jadi tersangka, padahal Pak Gubernur sama sekali belum didengar keterangannya,” kata Roy kepada wartawan di Mako Brimob Polda Papua, seperti dilansir detikSulel.

Roy meyinggung soal KUHAP menyatakan bahwa seseorang yang dijadikan tersangka harus ada dua alat bukti dan sudah diperiksa sesuai keputusan MK Nomor 21 Tahun 2014.

“Kita menyayangkan sikap KPK yang tidak profesional seperti ini,” sambung Roy.
Terkait dengan perkara Lukas Enembe, kata Roy, tim hukum telah mendapat keterangan dari Lukas Enembe soal kasus yang ia hadapi. Menurut dia, gratifikasi dana sebesar Rp 1 miliar yang masuk ke rekening Lukas Enembe adalah dana pribadi yang bersangkutan untuk berobat di Singapura pada Maret 2020.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.