Sunday, July 14, 2024
HomeLainnyaNasionalAnggota DPR RI: Ferdy Sambo Resmi Dipecat, Tinggal Kasus Pidananya Harus Dipercepat

Anggota DPR RI: Ferdy Sambo Resmi Dipecat, Tinggal Kasus Pidananya Harus Dipercepat

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Majelis komisi etik menolak banding Irjen Ferdy Sambo atas pemberhentian tidak dengan hormat (PDTH) dari anggota Polri. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan menilai langkah Polri sudah tepat.

“Iya, sudah benar dan sudah tepat. Saya tak menduga akan diterima, nggak ada di pikiran saya, tuh. Harus ditolak,” kata Trimedya kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Trimedya mengatakan kasus Ferdy Sambi telah menyita perhatian publik. Menurutnya, apabila banding Sambo diterima Polri, akan kembali menuai atensi dari Presiden Jokowi dan masyarakat luas.

.Baca : Ferdy Sambo Diberhentikan Tidak Hormat dari Polri, Banding Ditolak!

“Dan ini juga mengundang perhatian masyarakat. Ya kalau sampai diterima, bisa ramai lagi, bisa teriak-teriak lagi Presiden Jokowi. Pak Jokowi udah bilang, bongkar setuntas-tuntasnya. Nah, itu yang kita ingin,” katanya.

Lebih lanjut Trimedya mendorong agar proses pidana Ferdy Sambo dkk segera dijalankan. Ihwalnya, kata dia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit harus mencurahkan fokusnya pada persiapan pengamanan penyelenggaraan pileg dan pilpres pada tahun depan.

“Yang kita dorong percepatan pengadilannyalah. Kalau itu, kita duga ya harusnya ditolak, karena nggak mungkin diterima karena dia udah tersangka. Proses P21 harus dipercepat, karena kami dapat info dari kejaksaan ya masih 60-70 persen (berkasnya). Ya harus lebih cepatlah supaya Polri bisa lebih cepat keluar dari urusan ini,” kata Trimedya.

“Minggu depan nggak berasa sudah bulan 10. Tahun depan dia harus bicara pileg dan pilpres konsep pengamanannya seperti apa, itu yang harus dijadikan tolok ukur oleh Kapolri. Sehingga semua komponen yang ada ya harus mendukung ke arah situ supaya beban Polri ini selesai,” lanjutnya.

Polri Tolak Banding Ferdy Sambo

Majelis sidang banding etik telah memutuskan menolak permohonan banding terkait putusan PTDH atau pemecatan Ferdy Sambo. Ferdy Sambo pun tetap dipecat dari Polri.

Sidang banding ini dipimpin oleh Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Mabes Polri, Senin (19/9). Putusan banding ini bersifat final dan mengikat.

“Satu, menolak permohonan banding pemohon banding,” ujar Komjen Agung.

“Dua, menguatkan putusan sidang Komisi Kode Etik Polri,” sambungnya.

Mengenai putusan itu, pihak Ferdy Sambo mengaku akan mempelajari putusan itu. Kemudian, kata pengacara, baru akan diputuskan mengenai langkah hukum selanjutnya.

“Terkait putusan banding tersebut, nanti kami akan pelajari dulu putusan bandingnya, pertimbangannya seperti apa,” kata Pengacara keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis, kepada wartawan, Senin (19/9).(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 21 SEPTEMBER 2022: Taurus Menghabiskan Hari dengan Tersayang,  Cancer Kamu Merasa Diberkati, Leo Kekuatan ada Bersamamu, jangan Takut, Pisces Usahamu Membuahkan Hasil

.Baca : RAMALAN ZODIAK KEUANGAN BESOK 21 SEPTEMBER 2022: Aries Keberuntungan akan Berpihak,  Aquarius Membatasi Aliran Uang, Cancer Menghemat Pengeluaran, Gemini Harus Pintar Mengelola Keuangan

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SELASA 20 SEPTEMBER 2022: Libra Sedang Jatuh Cinta dan Serius, Gemini Ingin Dicintai dan Dimanjakan, Aquarius Mengagumi Seseorang Sejak Lama, Cancer Komunikasi Terbuka dengan Pasangan

 

Sumber: detiknews.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER