Joe Biden Umumkan Pandemi Covid-19 di Amerika Serikat Telah Berakhir

Editor: Redaksi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joe Biden mengumumkan pandemi Covid-19 di Amerika Serikat (AS) berakhir, kendati urusan belum benar-benar usai. Ucapannya menjadi polemik.

“Pandemi sudah berakhir. Kami masih punya masalah dengan Covid. Kami masih mengatasinya, tapi pandemi sudah berakhir,” ujar Biden seperti dikutip AFP, Selasa (20/9/2022).

“Jika kalian lihat, tak ada lagi orang menggunakan masker. Semua orang tampaknya sehat, jadi rasa semuanya sudah berubah,” Biden menambahkan.

Biden tak merinci dengan detail data mengenai tren penularan Covid-19 di AS dan bukti bahwa pandemi di negaranya sudah berakhir. Namun, pernyataan Biden ini senada dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang mengatakan bahwa akhir pandemi Covid-19 “sudah di depan mata.”

Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins yang dirujuk CNN, kasus Covid-19 di AS memang berangsur turun dalam dua pekan belakangan. Angka sekitar 65 ribu kasus per hari. Dari puluhan ribu kasus itu, sebagian besar bergejala ringan. Meski demikian, rata-rata kematian harian akibat Covid-19 di AS masih mencapai 400 orang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS pun menyatakan kini lebih berfokus pada perawatan pasien bergejala parah ketimbang jaga jarak dan karantina.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.