Badai Ian Terjang Florida Barat Daya AS, Terdahsyat dalam 3 Dekade Terakhir

Editor : Sudianto Pane

Badai Ian menghantam Florida barat daya pada Rabu (28/09)
Badai Ian menghantam Florida barat daya pada Rabu (28/09)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Badai Ian menghantam Florida barat daya pada Rabu (28/09), kata Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC).

“Citra radar NOAA Doppler menunjukkan bahwa badai Ian telah mendarat di semenanjung Florida barat daya daratan di selatan Punta Gorda dekat Pirate Harbor,” kata NHC dalam pembaruan pada 16.35 waktu setempat. “Angin berkelanjutan maksimum diperkirakan mencapai 235 km per jam.”

Punta Gorda berada di selatan kota besar Tampa di pesisir barat Florida. Badai Ian bergerak ke utara-timur laut menuju Tampa dan akhirnya Orlando.

.Baca : Warga Rusia Ramai-ramai Kabur, Pemerintah Akan Tutup Perbatasan?

Badai Ian telah memicu gelombang tinggi yang menghancurkan di Florida. Kekuatan badai hampir mencapai Kategori 5, yakni status paling berbahaya. Ini merupakan klasifikasi terkuat dalam Skala Badai Saffir-Simpson, hanya dua badai Kategori 5 yang menghantam di Amerika Serikat dalam 30 tahun terakhir.

Menurut NHC, badai Ian telah berkembang menjadi badai Kategori 4 yang “sangat berbahaya” dalam semalam, dengan kecepatan angin 249 km per jam.

Belasan tempat penampungan sementara didirikan setelah pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi wajib untuk 2,5 juta orang di seluruh Florida. Namun, pada hari Rabu (28/09), sudah terlambat untuk menyelamatkan diri karena kondisi yang semakin memburuk. Aliran listrik telah terputus untuk lebih dari 1 juta rumah dari lebih dari 11 juta pelanggan di negara bagian Florida, menurut situs web pelacakan poweroutage.us.

Semua penerbangan komersial berhenti beroperasi di bandara Tampa dan Orlando.

Kapal migran tenggelam

Sesaat sebelum badai Ian mendarat, sebuah perahu yang membawa para migran tenggelam, menyebabkan 23 orang hilang dan empat orang selamat. Walter Slosar, Kepala Agen Patroli Miami, mengatakan pihak berwenang AS menanggapi “pendaratan migran di Stock Island, Florida.”

“Empat migran Kuba berenang ke pantai setelah kapal mereka tenggelam karena cuaca buruk,” tulis Slosar di Twitter.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.