Masa Berlaku Paspor Berubah Menjadi 10 Tahun

Paspor Indonesia (Sumber: digitalprovoke)
Paspor Indonesia (Sumber: digitalprovoke)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Imigrasi mengubah masa berlaku paspor, dari lima tahun menjadi 10 tahun. Simak lagi syarat untuk membuat paspor?

Aturan masa berlaku paspor diperpanjang itu merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Itu tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Diundangkan di Jakarta pada tanggal 29 September 2022,” sebagaimana tertuang dalam peraturan a quo yang ditandatangani Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada 19 September 2022 tersebut.

Paspor biasa dengan masa berlaku paling lama 10 tahun hanya diberikan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.

“Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian bunyi Pasal 2A ayat 4.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.