Kunjungan Turis ke Kepri pada September 2022, Tertinggi Sejak Pandemi Covid-19

Editor : Sudianto Pane

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira. (istimewa)
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira. (istimewa)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kepri pada September 2022 mencapai 104.652 orang. Jumlah ini pun menjadi rekor tertinggi semenjak pandemi COVID-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira mengemukakan sebagian besar wisman yang berkunjung ke Kepri merupakan warga Singapura. Pada September 2022 jumlah wisman yang berkunjung ke Batam mencapai 78.498 orang, sedangkan Agustus 2022 sebanyak 60.249 orang. Sedangkan pada September 2021 wisman yang berkunjung ke Batam hanya 144 orang.

Jumlah wisman yang berkunjung ke Tanjungpinang meningkat dari 2.801 orang pada Agustus 2022 menjadi 3.716 orang pada September 2022. Sementara pada September 2021, tidak ada satu pun wisman berkunjung ke Tanjungpinang.

Wisman yang berkunjung ke Kabupaten Bintan juga meningkat pada September 2022 sebanyak 18.218 orang dibanding kondisi satu bulan sebelumnya 13.277 orang. Pada September 2021, Bintan juga tidak dikunjungi wisman.

Kondisi yang sama juga dirasakan Kabupaten Karimun. Menurut Luki, jumlah wisman ke Kabupaten Karimun pada September 2022 mencapai 4.188 orang, meningkat dibanding Agustus 2022 sebanyak 3.199 orang.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau Luki Zaiman Prawira meyakini kegiatan wisata makin menggeliat jelang akhir tahun seiring menurunnya jumlah kasus COVID-19 dan tingginya angka vaksinasi di daerah itu.

“Dispar provinsi dan kabupaten/kota mulai giat melakukan berbagai agenda wisata dengan melibatkan pelaku pariwisata hingga organisasi hobi,” kata Luki di Tanjungpinang.

Mendekati tahun 2023, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri sudah menginventarisasi berbagai kegiatan pariwisata dari seluruh kabupaten kota.

Event-evet wisata dan budaya serta ekonomi kreatif yang diusulkan Kabupaten/Kota untuk menjadi event-event unggulan.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat atau wisatawan mengetahui agenda wisata yang ada di Kepri.

“Saya sudah menyurati kabupeten/kota merekapitulasi event yang ada di tiap daerah sama provinsi juga kita akan rekap mana yang cocok jadi event nasional,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman.

Ia juga meminta pemerintah daerah dan pengelola pariwisata di Batam untuk mempersiapkan berbagai rencana agenda wisata agar dapat di muat kalender wisata pada 2023 mendatang.
“Dari kabupeten/kota sudah adanya nanti kita shre. Sekarang belum dilaporkan ke Provinsi,” katanya.

Menurutnya, dengan kondisi Covid-19 yang sudah mulai melandai akan banyak event di tahun 2023 yang akan terealisasi.

Apalagi di Kepri capaian vaksinasi Covid-19 sudah melebihi angka nasional, sehingga daya tahan tubuh masyarakat Kepri bisa dikatakan lebih kuat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.