Alasan Ibu Menyusui Perlu Minum Banyak Air

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi, ibu menyusui (ASI). Foto: Pixabay
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Masa menyusui adalah salah satu periode yang membahagiakan sekaligus mengesankan bagi seorang ibu. Namun, tak bisa dipungkiri, fase dan menyusui ini bisa sangat menguras energi. Oleh karena itu, agar tetap fit, Bunda disarankan untuk memperbanyak asupan makanan bergizi, beristirahat yang cukup, serta memenuhi kebutuhan cairan harian.

Alasan Ibu Menyusui Perlu Minum Banyak Air

Ada beberapa alasan mengapa ibu menyusui wajib mencukupi kebutuhan cairan harian dengan banyak minum air, yaitu:

1. Membantu kelancaran produksi ASI

Bunda pasti tahu kan bahwa komposisi terbesar ASI adalah air? Komposisi air dalam ASI bahkan mencapai 87−90%. Nah, kalau Bunda tidak mengonsumsi cukup air, maka akan memengaruhi produksi ASI. Makanya, untuk mencegah terjadinya gangguan produksi ini, Bunda perlu minum banyak air, ya.

2. Mempengaruhi kualitas ASI

Bukan cuma berpengaruh pada kuantitasnya, semua minuman yang Bunda konsumsi secara tidak langsung akan memengaruhi ASI yang akan dikonsumsi Si Kecil, lho. Makanya, Bunda juga harus memerhatikan jenis cairan yang diminum.

Air putih adalah salah satu pilihan yang paling baik untuk dikonsumsi. Soalnya, air putih bisa Bunda dapatkan dengan mudah, serta bebas kalori dan kafein. Sebaliknya, sebisa mungkin hindarilah konsumsi minuman bersoda, berkafein, apalagi alkohol, selama masa menyusui.

3. Mencegah kekurangan cairan (dehidrasi)

Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum banyak air juga juga bermanfaat untuk mencegah Bunda mengalami  dehidrasi dan beragam gejalanya, seperti sakit kepala, bibir kering, kelelahan, tubuh tidak berenergi, kram otot, mual, hingga kacaunya suasana hati.

4. Membuat tubuh tetap fit dan terasa segar

Kalau terhidrasi dengan baik, tubuh Bunda akan terasa lebih fit dan segar. Bahkan, kekuatan dan kelenturan sendi Busui juga akan terjaga. Dengan begitu, Bunda tidak akan mudah kehabisan energi dan merasa lelah, meski sedang dalam masa menyusui Si Kecil.