5 Tips Hadapi Musim Pancaroba, Flu dan Asma Sering Menyerang Tubuh

Editor: Redaksi

Ilustrasi sakit flu dikarenakan musim pancaroba.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Musim pancaroba mulai datang dan banyak warga mulai mempersiapkan diri agar kondisi tubuh tetap fit saat beraktivitas sehari-hari. Ada banyak tips menjaga kesehatan agar tubuh tidak rentan terhadap banyak penyakit menular.

Seperti yang diketahui, musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan memang rentang menyebabkan sakit.

Bulan Oktober merupakan musim pancaroba peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

Sebaliknya, pada bulan Maret sampai April menjadi masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Musim pancaroba ditandai dengan angin kencang, muncul puting beliung, udara terasa panas, dan hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat.

Perubahan tersebut juga disebut berdampak buruk pada kesehatan tubuh seperti terserang asma, sakit kepala, flu, hingga sakit di persendian.

Terdapat beberapa alasan kenapa orang mudah sakit saat musim pancaroba.

Ketika suhu rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi dingin, sehingga mengakibatkan peradangan.

Selain itu, pertukaran udara yang cepat saat beraktivitas berat menyebabkan udara tidak dapat dihangatkan lebih dulu, sehingga meningkatkan resiko imflamasi.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Allergy menyatakan bahwa angin terutama saat badai dapat membawa serbuk sari yang terdapat di tanah sehingga menyebabkan banyak penderita asma yang harus mendapat perawatan karena serangan asma.

Menurut salah satu survei yang dilakukan kepada penderita migrain di Amerika, 53 persen dari mereka menyatakan bahwa salah satu pemicu dari migrain yang mereka derita adalah perubahan cuaca.

Selain itu cuaca dingin yang ektream atau matahari yang terlalu panas dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Yale University menyatakan bahwa penurunan suhu meskipun hanya sedikit dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat. Selain itu, udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun.

Hal itu lantaran molekul pendeteksi virus dalam tubuh kurang sensitif lantaran suhu dingin.

Berbagai penyakit seperti, flu, asma, sakit kepala, pilek, dan tifus dapat lebih mudah menyerang tubuh.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan di musim pancaroba.

  1. Bawa Jaket dan Jas Hujan

Jaket dan jas hujan wajib dibawa setiap kali perjalanan demi menjaga kesehatan tubuh.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.