Bright PLN Batam Bahas Penyesuaian Tarif Listrik Industri I-3 dengan Pengusaha

Editor: Redaksi

Bright PLN Batam

BATAM, SURYAKEPRI.COM – PT PLN Batam bersama Direktorat Jendral (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan dengar pendapat atau public hearing dengan para pemangku kepentingan terkait penyesuaian tarif listrik industri.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu menjelaskan, sebagai anak perusahaan dari PT PLN (Persero), PLN Batam tidak memperoleh subsidi dan kompensasi seperti pelanggan nasional, sehingga tarif listik Batam berbeda dengan tarif listrik nasional.

“Dengan diresmikan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang kemudian disusul dengan terbitnya Permen Nomor 10 Tahun 2022 sehingga penetapan tarif listrik PT PLN Batam yang sebelumnya di Pemerintah Provinsi kembali ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian ESDM dan Dirjen Ketenagalisitrikan,” tutur dia, Selasa (11/10/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, dalam penetapan tarif listrik, pemerintah memperhatikan keseimbangan antara kepentingan nasional, daerah, konsumen, pelaku usaha dan utilitas.