Friday, March 29, 2024
HomeKEPRIPlt Kadispar Kepri Kagum Wisata Anambas Mulai dari Alam Hingga Kuliner

Plt Kadispar Kepri Kagum Wisata Anambas Mulai dari Alam Hingga Kuliner

spot_img

ANAMBAS, SURYAKEPRI.COM – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira kagum dengan keindahan wisata alam Kabupaten Kepulauan Anambas.

Menurutnya di Kepri, selain suasana perkotaan di Batam dan Pulau Bintan, daerah Anambas memiliki objek wisata yang menawan. Di antaranya resort yang dipadukan dengan konsep wisata.

“Banyak sekali pilihan wisata saat berkunjung ke Anambas. Salah satunya resort. Selain itu, indahnya laut di Anambas yang biru juga menjadi daya tarik,” sebutnya, Selasa (11/10/2022).

Luki mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung saat menikmati wisata di Anambas.

Mulai menyelam untuk melihat keindahan bawah laut, hingga menikmati nuansa menginap dengan panorama pemandangan.

“Jadi kalau yang hobi memancing hingga menyelam menjadi pilihan yang tepat saat berwisata ke Anambas,” ujarnya.

Selain itu, kuliner Anambas juga patut dicoba.

“Kuliner yang jadi ciri khas Mie Tarempa juga jadi santapan yang wajib dicoba,” ujarnya.

Diketahui, Anambas memiliki destinasi wisata yang beragam.

Keunikan dan keindahan alamnya begitu kaya dengan gugusan pulau-pulau yang membentang di lautan.

Tentunya, wisata bahari Kabupaten termuda di Kepri ini tak kalah menawan bila dibandingkan dengan wisata bahari lainnya yang terkemuka di Indonesia. Sebut saja seperti Bunaken, Labuan Bajo ataupun Raja Ampat.

Bagi traveler yang ingin menikmati pesona itu dengan jangka waktu yang cukup panjang, tentunya perlu mempersiapkan aspek akomodasi.

Sejumlah akomodasi penginapan seperti resort yang ada di Anambas, bisa jadi pilihan. Terutama dalam satu kawasan resort ini, liburan anda bersama keluarga, pasangan atau pun rekan kerja menjadi seru dan juga nyaman. Satu di antara resort yang ada dan terkenal di Anambas ialah Anambas Resort.

Lokasinya terletak di Jalan Tanjung Tebu, Dusun Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan.

Anambas Resort cukup terkenal, baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Anambas Resort diketahui telah berdiri belasan tahun sekira sejak tahun 2008.

Resort ini dibangun di atas air, tepat di bibir laut Antang yang memiliki pemandangan pagaran pulau – pulau hijau di depannya.

Bila dijangkau dari jalur darat, letak Anambas Resort cukup jauh masuk ke dalam dari jalan besar, lantaran lokasinya melewati pemukiman penduduk pesisir.

“Anambas Resort ini menawarkan konsep hunian privat bagi para tamu,” ucap pemilik resort Kristina, Senin (10/10/2022).

Anambas Resort didesain unik dengan berbahan papan dan juga kayu yang dipernis berwarna coklat.

Konstruksi bangunannya satu lantai berbentuk persegi empat dan minimalis dengan atap segi limas.

Fasilitas tempat tidur, kamar mandi maupun ruang bersantainya juga lengkap dan tak kalah jauh dari resort kebanyakan.

Pemandangan yang ada di sana juga dapat diakses untuk berswafoto dan cocok di-upload di sosial media anda.

Yakni Ruangan Mawar dengan enam kamar, Ruangan Anggrek dengan enam kamar, Ruangan Melati dengan delapan kamar serta Villa Bougenvilla dengan tiga kamar.

Untuk harganya pun bervariatif. Anggrek VIP Rp 770 ribu, Anggrek Delux Rp 660 ribu, Anggrek Double Bed Rp 660 ribu, Mawar Delux Rp 660 ribu, Mawar Double Bed Rp 550 ribu, Melati Standar dan Double Bed Rp 250 ribu dan Villa Bougenvila Rp 1.430.000.

“Menariknya di penginapan ini, kalau tamu ingin makan harus request dulu ke staf sebelum jam makan. Kita lakukan begitu karena untuk menjaga kualitas bahan makanannya agar tetap segar saat akan dikonsumsi oleh para tamu,” jelasnya.

Konsep Hunian Privat

Sejak berdirinya, Anambas Resort telah menyandang konsep hunian privat.

Letaknya di dalam pemukiman penduduk pesisir yang jauh dari jalan besar jalur darat, memang sangat cocok dan nyaman untuk menikmati keheningan yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Meski begitu, akomodasi resort ini begitu populer di kalangan tamu domestik hingga tamu mancanegara.

Biasanya, para tamu yang datang memiliki beragam tujuan. Mulai dari liburan, menggelar kegiatan hingga pertemuan terbatas dari berbagai kalangan.

Pemilik resort, Kristina menyebutkan, tamu penginapan yang cukup sering menghuni dari jajaran pemerintah baik dari pusat maupun provinsi.

“Kalau dari pusat dan provinsi cukup seringlah menginap di sini apabila ada kegiatan. Pernah itu anggota DPR RI, dari TNI dan Polri sampai Gubernur dan Wakil Gubernur nginapnya di sini. Selain itu ada juga pekerja perusahaan seperti dari Primer Oil menginap atau pun buat kegiatan di sini,” ucapnya.

Ia melanjutkan, cukup banyak wisman yang melakukan pelayaran dengan kapal yacht atau pun khusus datang ke Anambas untuk berlibur, dan memilih menginap di penginapannya.

“Begitu pun wisatawan mancanegara seperti dari Jerman, Duta Besar Amerika untuk Singapura, Korea, Inggris, Australia, Cina dan Hongkong pernah menginap di sini juga” tuturnya.

Selain penginapan, pihaknya juga menyediakan fasilitas bagi para tamu untuk melakukan snorkeling, diving, memancing hingga jelajah wisata pulau-pulau terdekat menggunakan speed boat.

“Kadang-kadang kan ada juga tamu yang mau menikmati wisata bawah laut, maka kita sediakan fasilitasnya. Beberapa pulau yang kita tuju itu ke Telaga, Durai, Ransang, Ladan hingga Batu Belah,” pungkasnya. (*)

 

*Red. / Trb

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER