Ratusan Kerangka Manusia Ditemukan Arkeolog Di Bawah Bekas Pusat Perbelanjaan Inggris

Ratusan kerangka dan artefak yang sudah digali/ Foto: BBC.

SURYAKEPRI.COM – Lebih dari 240 kerangka manusia, termasuk kerangka anak-anak, ditemukan oleh para arkeolog yang sedang meneliti sisa-sisa biara abad pertengahan, yang ditemukan di bawah bekas pusat perbelanjaan.

Penemuan yang “sangat penting” itu didapatkan di bawah gedung tua Ocky White di Haverfordwest, Pembrokeshire, Wales, Inggris.

Para arkeolog percaya bahwa kerangka dan reruntuhan yang ditemukan itu berasal dari Biara Santo Juruselamat, yang didirikan oleh ordo biarawan Dominika pada sekitar 1256.

Seorang ahli mengatakan penemuan itu membuka “jendela ke abad Pertengahan Haverfordwest”.

Ocky White adalah toko yang populer selama lebih dari satu abad, sebelum bangunannya yang berada di tepi sungai ditutup pada 2013.

Beberapa tengkorak ditemukan memiliki luka yang konsisten dengan luka pertempuran, menurut para ahli.

Gedung tua Ocky White di Haverfordwest, Pembrokeshire, Wales, Inggris.

Pengawas proyek penggalian itu, Andrew Shobbrook, dari Dyfed Archaeological Trust, menggambarkan biara itu sebagai kompleks bangunan yang penting, yang memiliki asrama, skriptorium – ruangan yang dikhususkan untuk menulis dan manuskrip, kandang kuda, dan rumah sakit.

“Ini merupakan tempat yang cukup bergengsi untuk menjadi kuburan. Anda memiliki berbagai macam orang, dari orang kaya hingga penduduk kota biasa,” katanya.

Kuburan itu diyakini digunakan sampai awal abad ke-18.

Sekitar setengah dari jenazah-jenazah yang ditemukan adalah anak-anak, yang dikatakan sebagai cerminan dari tingkat kematian yang tinggi pada saat itu.

Semua tulang akan dianalisis oleh seorang spesialis, sebelum dikuburkan kembali di pemakaman suci di dekatnya.