Saturday, June 15, 2024
HomeKEPRIPagelaran ‘Pelangi Budaya Nusantara’ Akan Tampilkan 16 Sanggar Seni dan Budaya Lintas...

Pagelaran ‘Pelangi Budaya Nusantara’ Akan Tampilkan 16 Sanggar Seni dan Budaya Lintas Provinsi dan Mancanegara

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Enam belas sanggar seni dan budaya lintas provinsi dan mancanegara bakal unjuk kebolehan di pagelaran seni ‘Pelangi Budaya Nusantara’ di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (22/10) malam.

Dari data yang dihimpun, belasan sanggar yang mendaftar sebagai peserta berasal dari Jakarta, Bali, Batam, Tanjungpinang, Bengkalis, Deli Serdang, Siak, Aceh Utara dan Banda Aceh. Sedangkan mancanegara sanggar Malaysia dan Singapura.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Karimun Ahadian Zulseptiadi menuturkan pagelaran budaya nusantara ini pertama dan disambut antusias para pelaku sanggar seni lintas nusantara.

Dirinya mencatat belasan sanggar tersebut diantaranya Batavia Dance Jakarta, Sanggar Seni Megat Tanjungpinang, Pusat Latihan Tari Ompak Bengkalis, Sulih Tingkah Sukma Johor Malaysia, Kirana Seni Singapura, Sanggar Seni Wan Sendari Batam, Lembaga Kesenian Bunga Tanjung Deli Serdang.

Turut hadir juga, Sanggar Dara Meurah Aceh Utara, Sanggar Panyoet Ceulot Aceh, Sanggar Seni Bali, Sanggar Seni Baswara Karimun, Pelangi Budaya Studio Karimun, Seni Syair Siak, Seni Pencak Silat Kundur, Reok Ponorogo Singo Bangkit Karimun dan Barongsai Karimun.

“Belasan sanggar seni ini bahkan ada teman-teman kita dari Banda Aceh dan Aceh Utara sudah tiba di Karimun, turut meramaikan juga sanggar dari Malaysia dan Singapura,” ujar Ahadian, Rabu (19/10).

Sanggar seni yang tampil nantinya tentu akan menyuguhkan pertunjukkan khas daerah masing-masing. Pagelaran ini tentunya rangkaian HUT ke-23 Kabupaten Karimun ke-23.

“Turut meramaikan acara ini artis Malaysia Rojer Kajol dan Alfin Habib artis Ibukota,” ucapnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira mengapresiasi kegiatan ini karena ikut meningkatkan kunjungan wisata ke Kepri. Dikatakan, saat ini sebagian besar wisman yang berkunjung ke Kepri merupakan warga Singapura dan Malaysia.

Pada September 2022, ujarnya, wisman yang berkunjung ke Kabupaten Karimun meningkat. Menurut Luki, jumlah wisman ke Kabupaten Karimun pada September 2022 mencapai 4.188 orang, meningkat dibanding Agustus 2022 sebanyak 3.199 orang.(*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER