Tuesday, April 16, 2024
HomeLainnyaNasionalPengamanan KTT G20 di Bali: 18 Ribu Personel, 12 Kapal, 4 Pesawat...

Pengamanan KTT G20 di Bali: 18 Ribu Personel, 12 Kapal, 4 Pesawat Tempur

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sebanyak 18.030 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali pada 15-16 November mendatang.

Personel gabungan berasal dari TNI, Polri serta institusi lainnya. Selain itu, kapal perang dan kendaraan taktis pun disiapkan.

“Kami menyiapkan total itu sekitar 18.030 personel,” kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam konferensi pers virtual, Kamis (20/10).

.Baca : TNI AL Siapkan 12 Kapal Perang Amankan Pelaksanaan KTT G20 di Bali

Dari jumlah itu, sekitar 14.300 adalah personel TNI, kemudian personel Polri sekitar 3.200, serta sekitar 492 personel dari institusi lain.

Andika mengatakan puluhan ribu personel gabungan itu akan terbagi dalam sejumlah satuan tugas (satgas). Salah satunya adalah satgas pengamanan VVIP.

“Kami siapkan sampai 42 (satgas), untuk menjaga apabila semuanya [kepala negara] hadir. Jauh-jauh hari sudah kami siapkan paket pengamanan untuk 42 kepala negara atau setingkat kepala negara,” ujarnya.

Kemudian untuk pengamanan laut, juga disiapkan sebanyak 12 kapal yang akan disiagakan di sekitar perairan Pulau Bali. Selain pengamanan, belasan kapal itu juga memberikan pendampingan kapal militer dari negara partisipan.

Lalu, untuk pengamanan udara, disiapkan empat pesawat tempur. Terdiri dari 2 pesawat F-16 dan dua pesawat Sukhoi masing-masing SU-27 dan SU-30. Selain itu, juga disiapkan 13 heli, masing-masing enam dari TNI AU, lima dari TNI AL, serta dua dari TNI AD.

Disiapkan pula dua pesawat Hercules. Satu unit dikhususkan untuk evakuasi medis, dan satu lainnya untuk keperluan angkut.

“Selain itu kita menggelar satu pesawat Boeing VIP, jadi apabila diperlukan sebagai tambahan. Kemudian juga ada pesawat Boeing yang jumlahnya dua, yang fungsinya sebagai ISR atau pengintai, Intelligence Surveillance and Reconnaissance,” ucap Andika.

Andika menuturkan kendaraan lapis baja, khususnya Anoa juga dikerahkan untuk dalam rangkaian pengamanan gelaran acara KTT G20. Kendaraan ini, lanjutnya, akan disiagakan di sejumlah titik yang dekat dengan lokasi acara.

“Jadi intinya kan kendaraan berlapis baja ini untuk evakuasi sementara apabila ada kondisi yang bersifat emergency dan mengancam jiwa kepada head of state. Tetapi juga, saya tahu beberapa kepala negara partisipan G-20 ini juga membawa perangkat berlapis bajanya masing-masing. Dan itu kita akomodasi,” tuturnya.

Andika menyampaikan bahwa pihaknya juga telah membagi zona pengamanan untuk puluhan ribu personel yang diterjunkan.

“Jadi intinya di setiap venue Polri punya tugas dan tanggung jawab, kami pun juga, hanya zonanya saja, atau ring mana yang menjadi pembeda kami berdua,” ucap Andika.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 21 OKTOBER 2022: Taurus Menikmati Kenangan Manis, Pisces Nikmati Waktu Bersama Pasangan, Gemini Menikmati Kesenangan, Leo Mungkin sedikit Gelisah

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK KAMIS 20 OKTOBER 2022: Cancer Jatuh Cinta saja tidak Cukup, Capricorn Memperkuat Hubungan Anda, Leo Jadilah Rendah Hati dan Lembut, Aries Seseorang dalam Hubungan Romantis

 

Sumber : Cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER