Sunday, June 16, 2024
HomeKEPRIMasyarakat Karimun Takjub Menyaksikan Ratusan Penari di Pelangi Budaya Nusantara 2022

Masyarakat Karimun Takjub Menyaksikan Ratusan Penari di Pelangi Budaya Nusantara 2022

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Ratusan penari berhasil memukau masyarakat Karimun dalam perhelatan Pelangi Budaya Nusantara 2022 berlangsung di Coastal Area, Kabupaten Karimun, Sabtu (22/10/2022) malam.

Pertunjukan tarian budaya dari berbagai daerah di Indonesia itu disajikan dengan konsep yang sangat luar biasa dan membuat penonton yang hadir takjub.

Dalam perhelatan seni budaya itu, terdapat 16 sanggar tari dari berbagai daerah di Indonesia bahkan Luar Negara ikut dalam memeriahkan kegiatan yang terlaksana untuk memeriahkan Peringatan HUT Kabupaten Karimun ke-23.

Belasan sanggar itu, antara lain Batavia Dance Jakarta, Sanggar Seni Megat Tanjungpinang, Pusat Latihan Tari Ompak Bengkalis, Sulih Tingkah Sukma Johor Malaysia, Kirana Seni Singapura, Sanggar Seni Wan Sendari Batam, Lembaga Kesenian Bunga Tanjung Deli Serdang, Sanggar Dara Meurah Aceh Utara, Sanggar Panyoet Ceulot Aceh, Sanggar Seni Bali, Sanggar Seni Baswara Karimun, Pelangi Budaya Studio Karimun, Seni Syair Siak, Seni Pencak Silat Kundur, Reok Ponorogo Singo Bangkit Karimun dan Barongsai Karimun.

Selain tarian, acara juga dimeriahkan menghadirkan artis Malaysia Rojer Kajol dan Alfin Habib dari Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, M Yunus dalam sambutannya mengatakan, Pelangi Budaya Nusantara merupakan langkah untuk menarik kembali datangnya wisatawan ke Karimun.

“Pelangi Budaya Nusantara juga dilaksanakan dalam peringatan HUT ke-23 Kabupaten Karimun. Tujuannya sebagai sarana promosi mengenalkan wisata budaya. Dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat, pelaku usaha dan pelaku Industri,” kata Yunus.

Ia mengatakan, Pelangi Budaya Nusantara merupakan langkah untuk melestarikan budaya dan juga untuk pertukaran budaya dan mempererat hubungan antar negara.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq Mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan Pelangi Budaya Nusantara.

Rafiq juga memberikan apresiasinya kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang sangat antusias meskipun cuaca kurang bersahabat.

“Dapat kita saksikan pertunjukan luar biasa dari seniman- seniman yang berasal dari Kepri, luar daerah bahkan Luar Negara. Saya ucapkan terimakasih juga atas antusias masyarakat yang begitu besar dalam kegiatan-kegiatan yang telah kami laksanakan,” katanya.

Rafiq juga mengajak masyarakat untuk hadir dalam kegiatan puncak peringatan HUT Kabupaten Karimun ke-23 pasa 29 Oktober mendatang.

“Jangan lupa nanti tanggal 29 malam akan ada dakwah dan syair dibawakan oleh Ustadz Deri Sulaiman,” kata Rafiq.

Dinas Pariwisata Kepri sendiri kini tengah menginventaris event yang bisa ikut meningkatkan kunjungan wisata di tahun 2023. Dispar kepri berencana memperkaya kalender event tahun 2023 mendatang.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat atau wisatawan mengetahui agenda wisata yang ada di Kepri.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisasi atau pendataan event-event wisata dan budaya serta ekonomi kreatif yang diusulkan Kabupaten/Kota untuk menjadi event-event unggulan.

“Jadi saya sudah menyurati kabupeten/kota merekapitulasi event yang ada di tiap daerah sama provinsi juga kami akan rekap mana yang cocok jadi event nasional,” kata dia di Batam, Sabtu 29 Oktober 2022.

Luki Zaiman juga meminta pemerintah daerah dan pengelola pariwisata di Batam untuk mempersiapkan berbagai rencana agenda wisata agar dapat dimuat kalender wisata pada 2023 mendatang.

“Dari kabupeten/kota sudah adanya nanti kami share. Sekarang belum dilaporkan ke Provinsi,” kata dia.(*)

 

*Red./lnd

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER