Thursday, March 28, 2024
HomeLainnyaInternasionalWOW! Kekayaan Rishi Sunak PM Inggris yang Baru Melebihi Raja Charles III

WOW! Kekayaan Rishi Sunak PM Inggris yang Baru Melebihi Raja Charles III

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Rishi Sunak terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru, menggantikan Liz Truss yang baru menjabat selama enam pekan. Rishi Sunak memenangkan pemilihan PM Inggris yang dilakukan anggota Partai Konservatif pada Senin, 24 Oktober 2022 waktu setempat.

Bekas Menteri Keuangan di era Boris Johnson ini menghadapi sederet masalah usai menjabat sebagai PM Inggris yang baru. Sunak perlu menstabilkan negara yang terhuyung-huyung setelah bertahun-tahun akibat gejolak politik dan ekonomi.

Terpilihnya Rishi Sunak menorehkan sejarah baru bagi Inggris. Ia menjadi perdana menteri pertama yang berasal dari kulit berwarna. Sunak adalah keturunan India. Pria berusia 42 tahun ini juga tercatat sebagai PM Inggris termuda dalam 200 tahun terakhir.

Sebelum menjadi perdana menteri, Rishi Sunak telah tercatat sebagai salah satu orang terkaya. Kekayaannya itu sempat menjadi sorotan di tengah kondisi ekonomi Inggris yang morat-marit.

Bila digabungkan dengan kekayaan istrinya, Akshata Murty, putri pendiri Infosys NR Narayana Murthy, Rishi Sunak memiliki harta sebesar £ 730 juta atau setara Rp 12,8 triliun. Ia termasuk dalam daftar orang kaya Inggris versi Sunday Times.

Rishi Sunak berada di peringkat ke-222 orang terkaya di Inggris versi Sunday Times pada Mei lalu. Ini membuatnya menjadi politisi garis depan pertama yang pernah dimasukkan dalam daftar orang terkaya di Inggris.

Perkiraan yang dibuat awal tahun ini mengungkapkan istri Rishi Sunak lebih kaya daripada Ratu Elizabeth II, yang kekayaan pribadinya sekitar 350 juta pound. Ia juga lebih kaya dari Raja Charles yang kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 9 triliun. (*)

 

Sumber: tempo

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER