Sunday, June 16, 2024
HomeHealthBPOM Sebut 2 Perusahaan Farmasi Gunakan Etilen dan Dietilen Glikol Lebihi Ambang...

BPOM Sebut 2 Perusahaan Farmasi Gunakan Etilen dan Dietilen Glikol Lebihi Ambang Batas

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan dua perusahaan farmasi yang menggunakan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas dalam produksi obat sirop.

Temuan ini buntut dari maraknya kasus gagal ginjal akut yang terjadi di Indonesia karena EG dan DEG yang berasal dari obat sirop. Dua perusahaan farmasi itu adalah PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industries.

taboola mid article

“BPOM telah berkolaborasi dengan Bareskrim Polri melakukan operasi bersama sejak hari Senin 24 Oktober 2022 terhadap dua industri farmasi yang diduga menggunakan pelarut propilen glikol yang mengandung EG DEG di ambang batas yaitu PT Yarindo Farmatama yang beralamat dalam model industri di Cikande, Serang Banten,” kata Kepala BPOM Penny Lukito saat jumpa pers, Senin (31/10).

.Baca : BPOM Menolak Bertanggungjawab Atas Peredaran Obat Sirop Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut

“Dan kedua PT Universal Pharmaceutical Industri yang beralamat di Tanjung Mulia Medan, Sumatera Utara,” sambungnya.

Hasil Pemeriksaan BPOM

Penny menyebut, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap beberapa sumber sesuai dengan ketentuan penyidikan, di lokasi kedua tersebut didapati adanya bahan baku pelarut propilen glikol produk jadi.

“Serta bahan pengemas yang diduga terkait dengan kegiatan produk sirop obat mengandung EG dan DEG yang melebihi ambang batas,” ucapnya.

Dia mengatakan, pada PT Yarindo Farmatama ada barang bukti yang sudah disegel dan disita. Seperti bahan baku, produk jadi, maupun bahan pengemas.

“Ada dokumen-dokumen untuk menelusuri sampai sejauh mana distributor penyalur dari bahan bakunya ke arah mana, jadi ini akan terus ditelusuri,” kata Penny.

Berikutnya, pada PT Univers Pharmaceutical Industri juga telah disita obat sirup seperti Unibebi demam dan lainnya. BPOM terus menelusuri sumber produksi dari bahan baku tersebut.

“Kita juga jalur untuk penelusuran menuju ke sumber produsen ya sumber produksi dari bahan baku tersebut,” ucapnya.(*)

 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SELASA 1 NOVEMBER 2022: Aquarius Membawa Hubungan ke Tingkat Serius, Taurus Sedang Jatuh Cinta, Pisces Bertemu dengan Teman Lama, Virgo Serius Tentang Cinta dan Romantis

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SENIN 31 OKTOBER 2022: Aries Amati tetapi jangan Menilai, Scorpio Bersikaplah Terbuka,  Libra tidak Memaksakan Diri, Capricorn Jangan Khawatir terlalu Banyak

 

Sumber: Merdeka.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER