Joe Biden Berang Saat Zelensky Minta Bantuan Lagi

Editor: Redaksi

Foto: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (AP/Morry Gash)
Foto: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (AP/Morry Gash)

SURYAKEPRI.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Bidenย dikabarkan gusar kepada timpalannya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang menyinggung bantuan militer saat keduanya bertelepon. Sebuah laporan menyebut, kejadian itu terjadi pada Juni 2022.

The Independent mengutip NBC, mewartakan pada Selasa, 1 November 2022, Presiden Biden sudah habis kesabaran setelah dia menyetujui bantuan tambahan senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun untuk Ukraina. Namun Presiden Zelensky disebut masih meminta Amerika untuk mengeluarkan paket (bantuan) lebih lanjut.

Sumber yang mengetahui pembicaraan pertelepon itu mengatakan, saat berkomunikasi pada 15 Juni 2022, nada bicara Biden meninggi sambil menegaskan kemurahan hatian Amerika terhadap Ukraina. Dia kemudian menyarankan Zelensky agar lebih bisa memperlihatkan lebih banyak ungkapan terima kasih.

Gedung Putih belum mau berkomentar mengenai kabar sikap Biden yang geram terhadapย Zelenskyย saat berkomunikasi Juni lalu.

Pengiriman bantuan Amerika ke Ukraina telah mendapat kritik dalam beberapa pekan terakhir. Ketua DPR Amerika dari Partai Republik Kevin McCarthy menyatakan tidak akan ada kebijakan demikian (bantuan untuk Ukraina) jika partainya mengambil kendali Kongres di paruh waktu.

Kaukus Progresif Kongres Demokrat juga mendesak Gedung Putih untuk bernegosiasi langsung dengan Rusia, sebelum menarik permintaan tersebut.