Piala Asia Wanita U-17 2024, Indonesia Satu Grup dengan Thailand dan Malaysia

Editor : Sudianto Pane

Jessie Dai (draw conductor) saat melakukan pengundian Piala Asia Wanita U-17 di Kuala Lumnpur, Malaysia, Kamis (3/11/2022). (Foto: pssi.org)
Jessie Dai (draw conductor) saat melakukan pengundian Piala Asia Wanita U-17 di Kuala Lumnpur, Malaysia, Kamis (3/11/2022). (Foto: pssi.org)

SURYAKEPRI.COM – Konfederasi Sepak bola Asia AFC telah merampungkan proses drawing Piala Asia U-17 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (3/11/2022). Hasilnya, Timnas Indonesia Wanita U-17 menempati Grup A bersama Thailand, Malaysia dan Kepulauan Mariana Utara.

Sebagai tuan rumah putaran final pada tahun 2024, Indonesia masuk dalam mekanisme undian dan mengikuti kualifikasi babak pertama bersama 28 negara lainnya. Meskipun hasil dari pertandingan nantinya tidak akan dihitung, karena Indonesia telah ditunjuk sebagai tim tuan rumah putaran final.

.Baca : Presiden Jokowi: Alhamdulillah Sepakbola Indonesia Tidak Disanksi FIFA

Tiga tim yakni juara bertahan Jepang, Korea Utara dan peringkat ketiga Tiongkok melaju ke putaran final tanpa harus menjalani babak kualifikasi. Ke-28 tim yang akan berpartisipasi di kualifikasi babak pertama dibagi menjadi delapan grup, di mana terdapat lima grup yang diisi oleh empat tim dan tiga grup diisi oleh tiga tim.

Kualifikasi babak pertama akan digelar pada 22-30 April 2023, di mana delapan tim yang berhasil menjadi juara grup akan melaju ke kualifikasi babak kedua. Sementara kualifikasi babak kedua akan digelar pada 16-24 September 2023, empat tim yang berhasil menjadi juara grup dan runner up akan melaju ke putaran final di Indonesia.

Pelatih Timnas Putri Indonesia Rudy Eka Priyambada mengatakan, sebagai tuan rumah Indonesia harus tampil solid dan menunjukkan kualitas. Mereka nanti akan bertemu dengan tim-tim ASEAN, meski ada Mariana Utara yang belum pernah dihadapi.

“Sama seperti hasil undian U-20, timnas wanita U-17 akan bertemu dengan negara ASEAN lagi yakni Thailand dan Malaysia. Pada level senior kami sudah pernah bertemu, tapi kalo kelompok usia belum,” tutur Rudy.

Piala Asia Wanita AFC U-17 rencananya ini akan digelar di Indonesia pada 7-20 April 2024. Sebelumnya, di kelompok umur Indonesia telah menjadi tuan rumah pada gelaran Piala AFF Wanita U-18 2022 di Palembang.

Berikut hasil lengkap undian Kualifikasi Babak Pertama Piala Asia Wanita AFC U-17 2023:

Grup A: Thailand (H), Malaysia, Kepulauan Mariana Utara, Indonesia