Parade Atraksi Tatung Jadi Even Tahunan di Batam

Pawai Tatung memeriahkan Kota Batam pada Minggu 13 November 2022
Pawai Tatung memeriahkan Kota Batam pada Minggu 13 November 2022

SURYAKEPRI.COM – Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira menyebut Pawai tatung akan menjadi event nasional atau event internasioal tahunan bersamaan dengan event Tour de Bintan, Ironman, Triathlon dan lainnya.

Menurut Luki Zaiman Prawira , nantinya event itu akan dibahas saat rapat koordinasi (Rakor) dengan stakeholder Pemerintah Provinsi Kepri. “Ini akan kami bahas, kita sempurnakan dan kita akan jadikan agenda tahunan,” kata Luki baru-baru ini.

Dispar Kepri sangat mengapresiasi kegitan tersebut. Pawai Tatung tidak hanya sebagai ritual keagamaan, namun juga menjadi sebuah kegiatan yang menghibur dan menjadi tontonan masyarakat. “Sangat menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara,” kata Luki.

Saat parade atraksi Tatung di Nagoya, Kota Batam akhir pekan lalu banyak diminati wisatawan dan masyarakat

Pawai Tatung memeriahkan Kota Batam pada Minggu 13 November 2022. Pertama kali digelar di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pawai ini berhasil memukau masyarakat dan wisatawan.

Pawai Tatung merupakan parade atraksi kesaktian warga Dayak-Tiongkok, yang biasanya untuk merayakan Cap Go Meh, perayaan yang dilakukan pasca hari raya Imlek. Atraksi yang diberi nama Pawai Tatung ini mengikuti tradisi Tionghoa yang berbaur dengan budaya Dayak yang hanya bisa disaksikan di Singkawang, Kalimantan Barat.

Ketua panitia pagelaran Pawai Tatung Susanto mengatakan persiapan kegiatan pawai dilakukan selama sekitar tiga bulan. Peserta yang hadir tidak hanya masyarakat Kepri, namun, ada juga sebagian dari Kalimantan.

Susanto Teodolite dalam sambutannya meminta kepada Gubernur agar kegiatan Pawai Tatung ini bisa menjadi agenda pariwisata tahunan di Kepri.