Ikrar Guru Indonesia: Isi Teks dan Sejarahnya

Editor : Sudianto Pane

Logo PGRI | Foto: detikcom/dok PGRI
Logo PGRI | Foto: detikcom/dok PGRI
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Ikrar Guru Indonesia adalah lima ikrar atau janji guru yang salah satu di antaranya menyatakan bahwa guru adalah pengemban dan pelaksana cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang-Undang Dasar 1945. (InfoPublik Kominfo)

Ikrar Guru Indonesia merupakan salah satu bagian dari pernyataan kebulatan tekad guru Indonesia. Sejarah ditetapkannya Ikrar Guru Indonesia bermula pada Kongres Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) XVI yang diselenggarakan pada tanggal 3-8 Juli 1989 di Jakarta.

.Baca : Berikut 20 Ucapan Hari Guru Nasional 2022

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang isi teks Ikrar Guru Indonesia dan link download Ikrar Guru Indonesia pdf, simak informasi berikut ini.

Isi Teks Ikrar Guru Indonesia

Ikrar Guru Indonesia berisikan lima ikrar atau janji guru yang merupakan salah satu bagian dari pernyataan tekad guru Indonesia yang ditetapkan berdasarkan hasil Kongres PGRI XVI pada tanggal 3-8 Juli di Jakarta. Mengutip dari situs resmi PGRI, berikut ini isi teks Ikrar Guru Indonesia:

IKRAR GURU INDONESIA

1. Kami guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Kami guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang-Undang Dasar 1945.
3. Kami guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Kami guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi profesi Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
5. Kami guru Indonesia, menjunjung tinggi kode etik guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, Negara, serta kemanusiaan.

Sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia

Ikrar Guru Indonesia tentunya tak lepas kaitannya dengan peran serta sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Melansir situs resminya, sejarah PGRI bermula dari perjuangan guru-guru Indonesia sejak zaman Belanda.

Pada 1912, sejarah perjuangan guru di Indonesia melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah dengan latar pendidikan yang berbeda-beda.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.