Saturday, April 20, 2024
HomeKarimunPKS Akhirnya Buka Suara Perihal Pergantian Pimpinan DPRD Karimun

PKS Akhirnya Buka Suara Perihal Pergantian Pimpinan DPRD Karimun

spot_img

PKS Akhirnya Buka Suara Perihal Pergantian Pimpinan DPRD Karimun

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya buka suara perihal pergantian pimpinan DPRD Karimun dari Fraksi PKS DPRD Karimun.

Pergantian yang dimaksud yakni posisi Wakil Ketua 1 DPRD Karimun dari Syafri Sandi kepada anggota Fraksi PKS DPRD Karimun lainnya yakni Hasanuddin SE.

Ketua DPD PKS Kabupaten Karimun, Suyadi akhirnya mengungkapkan alasan digantinya Syafri Sandi sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Karimun.

Baca juga: PKS Karimun Targetkan Koalisi untuk Iskandarsyah Diumumkan Awal Juli, Komunikasi Intens dengan 2 Parpol

Suyadi buka suara satu hari pasca dilantiknya Hasanuddin SE menjadi Wakil Ketua I DPRD Karimun untuk sisa masa jabatan 2019-2024 dalam Sidang Paripurna Terbuka yang digelar Kamis (24/11/2022).

Sebelumnya, Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat mengatakan penetapan terhadap Hasanudin sebagai Wakil Ketua I DPRD Karimun ini menggantikan jabatan Syafri Sandi sebagai bentuk rotasi jabatan internal PKS saja.

Syafri Sandi sendiri masih tetap menjadi Anggota DPRD Fraksi PKS. Safry Sandi sendiri tidak hadir saat acara pelantikan Hasanuddin SE sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Karimun, Kamis kemarin.

Baca juga: Sidang Perdana Perselisihan Pilkada Karimun di MK Digelar Hari Ini, PKS Karimun: Insha Allah Kami Siap

“Berdasarkan surat-surat masuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka kami selaku pimpinan DPRD melalui rapat paripurna ini, secara resmi mengumumkan calon pengganti pimpinan DPRD Wakil Ketua I, sebagaimana keputusan partai PKS adalah saudara Hasanudin,” ujar Yusuf Sirat beberapa waktu lalu.

Derasnya pemberitaan perihal penggeseran Safry Sandi kepada Hasanuddin SE selaku Wakil Ketua 1 DPRD Karimun membuat Ketua DPD PKS Kabupaten Karimun Suyadi akhirnya buka suara.

Suyadi mengatakan, pergantian masa jabatan adalah hal biasa saja dan umum terjadi dalam pemerintahan dan kepartaian.

Baca juga: ARAH vs BERSINAR di Pilkada Karimun 2020 Terwujud Pasca PKS-PAN Resmi Berkoalisi

Suyadi membantah digantinya Safry Sandi dengan Hasanuddin SE untuk menduduki kursi Wakil Ketua 1 DPRD Karimun dikarenakan suatu permasalahan.

“Masalah pergantian pimpinan DPRD dari PKS yang terjadi tidaklah dikarenakan ada sesuatu masalah atau lain hal. Ini sekedar penyegaran biasa dan berbagi waktu masa jabatan saja, ya mudah mudahan bisa sama-sama merasakan dan bermanfaat untuk masyarakat banyak,” ujar Suyadi, Jumat (25/11/2022).

Suyadi juga mengklaim Safry Sandi dtidak mempermasalahkan dan dapat memaklumi dirinya digeser sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Karimun.

Baca juga: Iskandar-Anwar Sudah 99 Persen Maju di Pilbup Karimun, PKS-PAN Ajak Gerindra dan PPP Bergabung

“Dari awal sudah sering kita sampaikan. Mas Syafri Sandi selaku yang diganti pun tak ada masalah, sebaliknya beliau paham betul seperti apa di PKS. Bagi kami di PKS jabatan itu adalah mandat dan amanah yang harus diemban dengan baik, siap menerimanya dan siap melepasnya tanpa beban,” ungkap Suyadi.

Suyadi justru memuji Safry Sandi sudah menjalankan tugas kedewanan sebagaimana mestinya.

“Beliau juga memiliki kepedulian dan sosial masyarakat yang tinggi, patuh dan komitmen dengan partai dan pimpinan. Untuk itu kami PKS berterimakasih banyak kepada beliau. Harapan kami mudah-mudahan beliau semakin dapat berkhidmat untuk masyarakat, bangsa dan negara bersama PKS,” ucap Suyadi.

Baca juga: PKS, PAN, Gerindra Gelar Pertemuan Tertutup Bahas Pilbup Karimun, Ini Kata Petahana Rafiq

Dikonfirmasi terkait kenapa bukan Kamaruddin yang ditunjuk sebagai penggantinya Safry Sandi sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Karimun mengingat Kamaruddin sudah 3 periode sebagai anggota DPRD Karimun.

Perihal itu, Suyadi mengatakan, karena pertimbangan medis, kondisi kesehatan Kamaruddin yang disebutnya masih dalam masa pemulihan atau perobatan.

“Beliau (Kamaruddin, red) sering sampaikan ke kita masalah kesehatannya tersebut.
Sementara kita ketahui bahwa amanah sebagai pimpinan DPRD itu berat dan membutuhkan energi besar. Kasihan nanti beliau, dan kami khawatir mengganggu masa pemulihannya kalau kita bebankan dengan amanah yang lebih besar tersebut,” pungkas Suyadi. (*)

Penulis: Rachta Yahya

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER