Netizen Indonesia Ngak Rela Saat Kebaya Diklaim Sebagai Warisan Budaya UNESCO dari Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi, kebaya.

SURYAKEPRI.COM – Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand akan mendaftarkan kebaya ke UNESCO. Netizen Indonesia jadi ribut sendiri.

Namun itulah faktanya, keempat negara itu berencana menjadikan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO. Indonesia sejauh ini tidak menjadi bagian dari inisiasi tersebut.

Dewan Warisan Nasional Singapura mengatakan ini menjadi pengajuan nominasi multinasional pertama. Tapi kok Indonesia tidak diajak ya?

Itulah sekilas reaksi netizen Indonesia di Twitter. Dipantau detikINET, Sabtu (26/11/2022) Kebaya menjadi trending topic dengan 7.933 tweet.

Mereka kebanyakan tidak rela Kebaya diklaim negara tetangga. Ada juga yang menyalahkan sesama anak bangsa yang tidak menghargai baju daerah sendiri, akibatnya diklaim negara lain.

Ada juga yang memaklumi karena kebaya dipakai di banyak negara Asia Tenggara. Ada juga yang berharap, Indonesia baiknya bergabung dengan negara-negara lain mengajukan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO.

Inilah curahan hati masyarakat Indonesia soal kebaya di Twitter:

“Yuk yang orang Jawa kerahkan kekuatanmu #kebaya,” kata @tutily***.

“Ngomong2 masalah pakaian tradisional, kebaya akan diklaim negara lain sebgai pakaian adat mrk, koq kita nggak geger ya? Apa krn kita sdh lupa warisan budaya, atau sdh nyaman memakai pakaian budaya negara lain?” kata @rinich***.