Pemko Mulai Terapkan Pengunaan Aplikasi SRIKANDI, Jefridin : Wujudkan Smart City Berbasis Teknologi

Editor : Sudianto Pane

Pemerintah Kota (Pemko) Batam, kini mulai menerapkan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Batam,
Pemerintah Kota (Pemko) Batam, kini mulai menerapkan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Batam,

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, kini mulai menerapkan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Batam, aplikasi tersebut bersifat government to government (G2G), sehingga dapat dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun daerah.

Aplikasi Srikandi merupakan hasil kolaborasi dari empat instansi yaitu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Sebagai Pembuat Regulasi Dan Koordinasi; Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Sebagai Penyusunan Proses Bisnis Dan Data/Informasi Pengelolaan Arsip Dinamis;Kementerian Komunikasi Dan Informatika Sebagai Pengembangan Aplikasi dan Penyediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi; Badan Siber Dan Sandi Negara Sebagai Pengamanan Aplikasi Dan Sertifikasi Elektronik.

.Baca : Rudi Gelorakan Peningkatan Literasi Guna Sukseskan Pembangunan Kota Batam

Hal tersebut disampaikan Jefridin saat Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dan Penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal (Laki) di lingkungan Pemko Batam Tahun Anggaran 2022. Peresmian penggunaan itu, dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid yang mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Swisbell Hotel, Senin (28/11/2022).

“Hadirnya aplikasi ini menjadi lompatan besar bagi Pemko Batam dalam mewujudkan e-government sebagai kota cerdas berbasis teknologi,” kata Jefridin.

Pada kesempatan itu, Jefridin sudah memperintakan semua OPD, Kecamatan, Kelurahan, Puskesmas untuk menggunakan aplikasi Srikandi mulai tanggal 01 Januari 2023 sudah digunakan dalam pengarsipan.

“Mari kita sukseskan aplikasi Srikandi ini, dengan komitmen dan konsistensi dari seluruh pemangku kepentingan dan semoga ini dapat bernilai bagi kepentingan masyarakat, terwujudnya pemerintahan berbasis elektronik yang efektif dan efisien,” Ujarnya.