Bharada E Ungkap Ferdy Sambo Sempat Iming-imingi Uang Rp 1 M Usai Pembunuhan Brigadir J

Editor : Sudianto Pane

Ricky Rizal-Eliezer-Kuat Ma'ruf (Grandyos Zafna/detikcom)
Ricky Rizal-Eliezer-Kuat Ma'ruf (Grandyos Zafna/detikcom)

SURYAKEPRI.COM – Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu mengaku sempat diiming-imingi uang Rp 1 miliar oleh Ferdy Sambo setelah membunuh Brigadir Yosua Hutabarat. Namun uang itu tidak jadi diberikan. Kenapa?

Hal itu terungkap saat Eliezer bersaksi di sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat dengan terdakwa Kuat Ma’ruf dan Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022).

Mulanya pada 10 Juli lalu, Eliezer mengaku dipanggil Sambo untuk ke rumah Saguling. Bukan hanya Eliezer, rupanya, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf juga dipanggil.

.Baca : Hakim Kaget Ferdy Sambo Bisa Koreksi Berita Acara Interogasi

“Ketika tanggal 10 Saudara dipanggil Sambo ke Saguling?” tanya hakim.

“Siap,” jawab Eliezer.

“Yang berkaitan dengan uang?” tanya hakim.

“Baik, Yang Mulia, itu kalau tidak salah siang, Yang Mulia, di Saguling,” jawab Eliezer.

Setiba di Saguling, Eliezer, Kuat, dan Ricky dipanggil Sambo ke lantai 2. Di sana, Sambo dan Putri Candrawathi ternyata sudah menunggu.

“Jadi kita di bawah saya sama Bang Ricky ada di ruang tengah di lantai 1, lewat HT panggil Ricky baru Bapak bilang untuk kita bertiga naik ke atas, Om Kuat lagi di luar jadi kita panggil Om Kuat dulu, Om Kuat datang, naiklah kita ke lantai 2 sampai di lantai 2 Bapak dan Ibu,” kata Eliezer.

“Ada si Sambo sama Putri?” tanya hakim.

“Siap,” jawab Eliezer.

Di sana, kata Eliezer, Sambo mulanya bertanya mengenai pemeriksaan-pemeriksaan yang dijalani dirinya, Kuat, dan Ricky terkait penembakan terhadap Yosua. Kemudian, kata Eliezer, saat itu Sambo langsung mengatakan akan memberikan sejumlah uang.

“Tentang pemeriksaan-pemeriksaan apa yang dikatakan di pemeriksaan dijelaskan, begini, begini baru habis gitu Bapak bilang mau kasih uang ke kita ya, sudah ada amplop, Yang Mulia, di meja,” kata Eliezer.

Masih kata Eliezer, Sambo sudah menyiapkan tiga amplop yang berisi uang dolar. Sambo, kata Eliezer, akan memberikan uang Rp 1 miliar kepadanya, kemudian kepada Ricky dan Kuat masing-masing Rp 500 juta.