3 Daerah Disebut Mencabut Izin Safari Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden

Editor: Redaksi

Anies Baswedan

SURYAKEPRI.COM – Sejumlah daerah disebut telah mencabut izin safari Anies Baswedan sebagai calon presiden yang didukung NasDem.

“Ya memang ada, sebelumnya sudah keluar izin tapi habis itu dicabut sama pihak pemda,” kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya saat dihubungi, Rabu (30/11).

Insiden pencabutan izin terjadi di Aceh dan dua daerah di Jawa Barat, yakni Tasikmalaya dan Ciamis. Di Aceh, Anies rencananya akan menggelar acara di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Untuk kegiatan di Ciamis dan Tasikmalaya, Willy menyebut ada pihak yang meminta agar izin penggunaan lokasi di dua wilayah tersebut juga dicabut. Namun, dia enggan mengungkap pihak yang meminta pencabutan izin.

“Bukan, bukan pemda. Ada permintaan kepada pemda untuk menghentikan kegiatan. Nggak perlu kita ngomong lah,” katanya.

Willy mengaku tak mengetahui alasan izin secara mendadak tersebut. Pihaknya saat ini masih meminta konfirmasi terkait hal itu.

Namun, pihaknya mengaku menyayangkan kejadian tersebut. Willy berujar hal itu menjadi catatan terkait demokrasi.

“Tentu ini menjadi catatan kita bersama, bagaimana kita berharap, kan demokrasi ini kan suatu proses yang terbuka saja,” ucap Willy.

Izin Kegiatan di Taman Banda Aceh Dicabut Dinas

Sementara itu untuk di Banda Aceh, Aceh, Anies semula dijadwalkan akan bertemu para simpatisan dan relawan lewat acara jalan sehat dan panggung silaturahmi pada Sabtu (3/12) mendatang.

Namun, izin kegiatan di Taman Ratu Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh, secara mendadak dicabut dinas setempat.

“Iya. Padahal sebelumnya sudah oke. Tentu ini juga, sebelumnya juga terjadi di Tasimalaya dan Ciamis,” kata Willy.