Genap Sepekan Setelah Dilantik, Anwar Ibrahim Belum Umumkan Kabinet Barunya

Editor: Redaksi

Answar Ibrahim/ Detik.com

SURYAKEPRI.COM – Anwar Ibrahim belum mengumumkan kabinet pemerintahannya hingga hari ini, Kamis (1/12), tepat sepekan setelah ia dilantik sebagai perdana menteri Malaysia.

Masyarakat Negeri Jiran pun masih menanti keputusan Anwar, yang memang mengakui kesulitan dalam menyusun kabinet pemerintahannya.

Penantian ini kian mendesak karena Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah, dijadwalkan ke luar negeri pada Sabtu (3/12). Sementara itu, Anwar harus meminta persetujuan raja sebelum melantik kabinetnya.

Malaysiaย lantas merasakan angin segarย saatย Anwar dilaporkan bertemu dengan raja pada Rabu (30/11). Menurut laporan MalayMail,ย Anwar diduga memberikan daftar kabinet usulannya kepada raja.

Rumor pun langsung beredar bahwa Anwar kemungkinan bakal mengumumkan kabinetnya pada pekan ini.

Jika tidak, paling tidak Anwar diharapkan dapat menggelar konferensi pers untuk menentukan tenggat kabinetnya terbentuk.

Fahmi Fadzil selaku direktur komunikasi partai Anwar, Parti Keadilan Rakyat (PKR), mengaku belum mendapatkan informasi mengenai pengumuman soal kabinet.

“Saya tak punya informasi. Beberapa jurnalis menghubungi saya dan saya tak punya informasi soal itu. Yang saya tahu, [pengumuman] akan secepatnya, tapi saya tak tahu waktu pastinya,” ujar Fahmi.