Marlin Dorong Perbanyak Kampung Germas

Editor : Sudianto pane

Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi mendorong dan mendukung lahirnya Kampung-kampung Germas di Kepri.
Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi mendorong dan mendukung lahirnya Kampung-kampung Germas di Kepri.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi mendorong dan mendukung lahirnya Kampung-kampung Germas di Kepri. Kampung Germas ini langsung mengikutsertakan peran masyarakat, sehingga menciptakan kehidupan yang sehat bagi masyarakat di lingkungan tersebut.

“Kampung Germas ini merupakan implementasi dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kalau sudah kita dirikan, bukan hanya selesai saat peresmian, tapi ada indikator dan pilar-pilar yang harus kita laksanakan,” kata Marlin di Galang, Kota Batam, Minggu (4/12).

Di Galang, Wagub Marlin meresmikan Kampung Germas di RW 004 Sei Raya Kelurahan Sembulang. Marlin pun ikut menandatangani komitmen Kampung Germas di Sei Raya.

.Baca : Jumlah Kunjungan Wisman Naik 49 Ribu Persen, Rudi Bikin Batam Makin Memesona

Menurut Ketua TP PKK Kota Batam ini perlu komitmen semua pihak untuk menjalankan daerah ini sebagai Kampung Germas. Tak bisa hanya Ketuanya saja, tapi dukungan seluruh masyarakat di lingkungan RW 004 ini.

Marlin kembali menyampaikan tujuh pilar atau tujuh langkah penting dalam menjalankan gerakan tersebut. Ketujuh pilar itu merupakan bagian penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan masyarakat.

Yang pertama, kata Ketua PIKORI BP Batam ini, adalah melakukan aktivitas fisik. Rutin berolah raga, atau melakukan gotong royong merupakan aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

“Mungkin ada waktu senam bersama. Ajak bapak dan ibu berolah raga bersama,” kata Marlin.

Pilar yang kedua adalah makan sayur dan buah. Marlin yakin di Galang, sumber untuk mendapatkan sayur dan buah cukup banyak. Tanah di Kecamatan Galang yang subur menjadi salah satu pendukung banyaknya sayur dan buah. Tinggal menjadikan makan sayur dan buah sebagai kebiasaan, terutama kepada anak-anak.