Perlu Diketahui! Ini Caranya Mengobati Amandel Secara Alami

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi, saat merasakan sakit amandel.

SURYAKEPRI.COM – Amandel adalah kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi untuk membantu menyaring kuman yang masuk ke tubuh. Radang amandel atau tonsilitis terjadi ketika salah satu atau kedua amandel terinfeksi virus atau bakteri.

Radang amandel umumnya akan membaik dengan sendirinya dalam 3–4 hari. Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara mengobati amanel secara alami untuk membantu meredakan keluhan dan gejala radang amandel.

Amandel meradang sering kali menimbulkan keluhan, seperti sakit tenggorokan, bengkak dan kemerahan pada amandel, sakit atau rasa mengganjal saat menelan, tidak enak badan, sakit kepala, dan demam.

Untuk membantu meredakan berbagai keluhan tersebut, berikut ini adalah beberapa cara mengobati amandel secara alami:

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat radang amandel. Cara mengobati amandel secara alami ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi amandel.

Untuk mengobati amandel, Anda dapat mencampurkan ½ sendok teh garam dalam ½ gelas air hangat. Lalu, berkumurlah dengan menempatkan larutan tersebut di pangkal tenggorokan (gargle) selama beberapa detik.

2. Minum air madu

Madu memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membantu mengobati infeksi penyebab radang amandel.

Melarutkan 2 sendok makan madu dalam secangkir air hangat dapat menjadi cara mengobati amandel untuk meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Anda juga dapat mencampurkan madu pada teh dan menambahkan perasan lemon untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Namun, perlu diingat, cara mengobat amandel secara alami menggunakan madu ini tidak boleh diberikan pada anak yang berusia kurang dari 1 tahun, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya botulisme.

3. Minum teh jahe

Jahe telah lama dikenal memiliki sifat antiperadangan, antimikroba, dan antinyeri, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan, termasuk pengobatan radang amandel.