Ardi: Batam Jadi “ Travel Hub Pariwisata” di Indonesia

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata saat menghadiri Kegiatan Sales Mission Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Hotel Batam, Senin (5/12/2022).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata saat menghadiri Kegiatan Sales Mission Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Hotel Batam, Senin (5/12/2022).

BATAM, SURYAKEPRI.COM –  Kota Batam sebagai perantara wisata (travel hub) bagi daerah lain di Indonesia, karena Batam memiliki banyak pilihan pintu masuk internasional. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata saat menghadiri Kegiatan Sales Mission Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Hotel Batam, Senin (5/12/2022).

“Kemaren saya menghadiri kegiatan table top seperti ini dari Badung Bali, Samosir, dan hari ini dari Babel (Kepulauan Bangka Belitung) Batam jadi travel hub.

Ardi menjelaskan Batam sebagai travel hub ini sudah berlangsung lama. Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Disbudpar Kota Batam mengambil peran dalam ikut mempromosikan wisata daerah lain.

.Baca : Percepat Pertumbuhan Ekonomi Batam, Rudi Terus Gesa Proyek Pembangunan

“Kota Batam dibangun setelah industri, alih kapal jasa baru muncul pariwisata, Batam menjadi tempat dari kabupaten kota lain se Indonesia sebagai tempat berpromosi,” ucapnya.

Ardi menyebut, ada 10 tujuan wisman ke Batam diantaranya wisata religi, budaya, kuliner, olahraga, belanja, Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice). Pada tahun 2019, kunjungan wisman mencapai 1.947.943 kunjungan terbesar kedua ( Kepri ) setelah Bali.

“Ini bisa ditangkap artinya Batam tempat yang baik untuk berjualan bagi daerah lain,” terangnya.

Ia mendorong pelaku pariwisata membuat paket perjalanan dari Batam menuju Kepulauan Bangka Belitung untuk wisman. “Saya dorong seller buat paket perjalanan untuk wisman misalnya dua hari di Batam kemudian dilanjutkan ke Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.