Arab Saudi, Kroasia dan Serbia Kena Sanksi, FIFA Panen Denda

Editor : Sudianto Pane

Foto: AFP via Getty Images/-
Foto: AFP via Getty Images/-

SURYAKEPRI.COM – FIFA menjatuhkan sanksi kepada Kroasia, Serbia, dan Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Federasi panen denda usai ketiga negara dianggap membuat pelanggaran.
Melansir Washington Post, FIFA menjatuhkan denda kepada Kroasia, usai fansnya menyerang kiper Kanada, Milan Borjan, secara verbal. Kiper yang punya darah Serbia itu jadi sasaran pelecehan penggemar.

Imbasnya, Kroasia didenda sebesar 50 ribu swiss franc atau sekitar Rp 830 juta. Denda serupa juga kemudian diberikan kepada Serbia. Sebelum melawan Brasil, sebuah spanduk terpasang di ruang ganti Serbia.

.Baca : Jadwal Pertandingan 8 Besar Piala Dunia 2022

Federasi Serbia kena denda sebesar 20 ribu swiss franc, karena membuat pesan politis di ruang gantinya. Spanduk tergantung di loker tim Serbia dengan gambar peta negara Kosovo, negara yang pernah menjadi bagian Serbia, dengan tulisan ‘No Surrender’

Kosovo memang mendeklarasikan kemerdekaannya usai memisahkan diri dari Serbia. Perang Kosovo-Serbia sempat terjadi, dan menewaskan belasan ribu, dengan mayoritas etnis Albania menjadi korban.

Spanduk itu dikeluhkan Federasi Kosovo, yang membat FIFA menjatuhkan sanksi kepada Serbia. Denda sebesar 20 ribu swiss franc atau sekitar Rp 332,4 juta dijatuhkan.