Hindari 7 Makanan Ini Agar Daya Ingatan Anda Tetap Tajam

Editor: Redaksi

Makanan manis. (Pixabay)

SURYAKEPRI.COM – Kecerdasan seseorang bisa didapat karena seseorang terus belajar dengan tekun. Namun di samping itu, ada banyak hal yang bisa memengaruhi ingatan seseorang, yakni faktor dari makanan salah satunya.

Ada beberapa asupan harian yang berpengaruh dan perlu dihindari. Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya:

1. Makanan mengandung minyak biji industri

Minyak olahan yang dimaksud adalah minyak yang sering diekstraksi dari kedelai, jagung, rapeseed (sumber minyak kanola), biji kapas, biji bunga matahari dan safflower, dan mengandung banyak asam lemak omega-6.

“Kelebihan konsumsi omega-6 dapat memicu tubuh untuk memproduksi bahan kimia yang dapat menyebabkan peradangan pada otak. Jika Anda menumis sayuran atau memanggang ikan atau daging, saya sarankan menggunakan minyak zaitun, kelapa, atau alpukat,” tuturnya.

2. Makanan dengan gula tambahan dan gula rafinasi

Otak kita menggunakan energi dalam bentuk glukosa, sejenis gula, untuk memicu aktivitas sel. Tapi diet gula tinggi bisa menyebabkan kelebihan glukosa di otak.

Hal itu dapat menyebabkan gangguan memori dan berkurangnya plastisitas hippocampus, bagian otak yang mengontrol memori.

“Jangan lupa bahwa banyak makanan gurih juga mengandung gula tambahan, seperti saus pasta yang dibeli di toko, saus tomat, saus salad, dan bahkan sup kalengan. Tukar ini dengan barang buatan sendiri yang dibuat dengan makanan utuh,” ungkapnya.

3. Makanan olahan