Hotman Paris Hutapea Kritik KHUP, Anak Janda Bisa Laporkan Kasus Kumpul Kebo

Editor : Sudianto Pane

Hotman Paris Hutapea
Hotman Paris Hutapea

SURYAKEPRI.COM – Pengacara kondang Hotman Paris menyampaikan pandangannya soal Pasal 412 KUHP terkait tinggal bersama tanpa ikatan pernikahan atau kumpul kebo oleh pasangan yang bukan suami istri.

Merujuk aturan itu, kata Hotman, kini anak dari seorang janda atau duda bisa melaporkan orang tuanya jika melakukan aksi kumpul kebo dengan orang yang tidak terikat hubungan perkawinan.

“Halo bagi pasangan kumpul kebo, baik duda atau janda bahkan single pun hati-hati. Kalau kamu seorang duda kumpul kebo dengan seorang wanita single, dua-duanya tidak terikat perkawinan dengan pihak manapun, anak si duda bisa laporin bapaknya dan cewek itu ke polisi,” kata Hotman dalam video di akun Instagramnya @hotmanparisofficial, Kamis (8/12).

.Baca :ย UU di Australia Mengharuskan Facebook dan Google Bagi Keuntungan dengan Media Berita

“Karena kumpul kebo ancaman hukumannya enam bulan penjara,” lanjutnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk seorang janda yang melakukan aksi kumpul kebo dengan seorang laki-laki yang tak terikat perkawinan. Anak sang janda, lanjut Hotman, bisa melaporkan ibunya ke pihak berwajib.

Diketahui, Pasal 412 KUHP berbunyi ‘Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II’.

Hotman pun mengaku tak mengerti dan bahkan mempertanyakan logika hukum terkait Pasal 412 KUHP tersebut.