Air Prosesi Siraman Kaesang-Erina Diambil dari 7 Sumber

Editor : Sudianto Pane

Erina Gudono calon istri Kaesang Pangarep jalani siraman (Foto: dok. Tangkapan Layar SCTV)
Erina Gudono calon istri Kaesang Pangarep jalani siraman (Foto: dok. Tangkapan Layar SCTV)

SURYAKEPRI.COM – Tradisi adat siraman menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono digelar, Jumat (9/12/2022). Diketahui keduanya melakukan prosesi siraman dengan menggunakan yang diambil dari tujuh sumber.

Diketahui bahwa sumber air yang akan digunakan berasal dari sumber berbeda. Yang pertama diambil dari rumah eyang almarhum Sudjiatmi Notomiharjo, kedua dari rumah Presiden Jokowi di Sumber.

Ketiga dari Masjid Agung Solo, keempat dari Masjid Al Wustho Mangkunegaran, kelima dari Keraton Surakarta. Serta dari Pura Mangkunegaran, dan dari Pengging, Boyolali.

.Baca : Prosesi Siraman Keasang di Kediaman Pribadi Jokowi Digelar Secara Tertutup

Dilansir dari berbagai sumber, keduanya nanti sama-sama akan  mengusung adat Jawa pada saat siraman. Namun ada sejumlah perbedaan dalam rangkaian dan tata caranya.

Dalam adat Jawa, pernikahan terbagi menjadi dua yakni Keraton Surakarta, Solo dan pernikahan adat Keraton Yogyakarta. Lantaran Erina dan Kaesang berasal dari dua kota berbeda, maka pasangan ini pun harus mengikuti adatnya masing-masing.

Sepintas, prosesi upacaranya terlihat sama, tetapi jika disimak dengan seksama, rincian acaranya berbeda. Prosesi siraman adat Keraton Surakarta berjumlah sembilan, yang bermakna mengenang keluhuran Wali Songo.