Gubernur Kepri Ansar Ahmad Resmikan Jembatan Anak Emas Desa Marok Tua

Editor: Redaksi

Jembatan di Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat.

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad kembali melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Lingga. Bila pada hari sebelumnya, Rabu (07/12) Gubernur mengunjungi Kecamatan Senayang, Daik lingga dan Dabo Singkep dalam rangka Penyerahan bantuan mubaligh Se-Provinsi Kepri, maka pada hari ini, Kamis, (08/12) Gubernur Ansar meresmikan Jembatan di Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat.

Tampak masyarakat Desa Marok tua sangat antusias dengan kedatangan Gubernur Ansar ditandai dengan meriahnya penyambutan yang diiringi oleh tabungan gendang disertai atraksi silat serta taburan beras kunyit. Mulai dari ujung jembatan sudah terlihat deretan masyarakat yang menyambut, semakin ramai hingga di lokasi acara di panggung seni desa Marok Tua.

Masyarakat dari anak-anak hingga orangtua tumpah ruah dan tidak berpindah tempat meski gerimis turun untuk menyaksikan Peresmian Jembatan Anak Emas Desa Marok Tua yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Ansar dan pemotongan pita di ujung jembatan oleh Ibu Hj. Dewi Kumalasari  sebagai tanda diresmikannya pemakaian jembatan ini.

Untuk diketahui, karena urgensi terkait pembangunan akses infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi, maka dari itu, Pemprov Kepri memberikan perhatian dalam pembangunan jembatan dan jalan yang tertuang dalam alokasi anggaran tahun 2022 dengan total sekitar Rp 219 Miliar yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk Kabupaten Lingga sendiri anggaran kegiatan pembangunan jalan dan jembatan sekitar Rp 26,5 Miliar.

Salah satu kegiatan yang menggunakan anggaran tersebut yaitu pembangunan Jembatan Marok Tua dengan jumlah anggaran sebesar Rp 8,7 Miliar. Jembatan ini memiliki Panjang 175 meter dan lebar 4,5 meter, dimana dapat dilalui oleh kendaraan dari dua arah.

Dalam sambutannya Gubernur Ansar berpesan agar masyarakat memanfatkan jembatan ini untuk memudahkan berbagai aktivitas, baik itu aktivitas pendidikan, aktivitas kesehatan juga aktivitas ekonomi. Jika aksesbilitas terbuka, ekonomi akan lebih baik dan tentunya masyarakat bisa jadi lebih sejahtera.

“Selamat kepada Desa Marok Tua karena telah diresmikan jembatan yang spektakuler dan cantik pada hari ini, semoga jadi ikon percepatan ekonomi. Pelihara dan jaga jembatan dengan baik serta mari bersama jaga kebersihannya,” pesannya.

Di kesempatan ini Gubernur Ansar juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Mantan Gubernur Kepulauan Riau sebelumnya H. Isdianto yang memulai pembangunan jembatan ini pada masa kepemimpinnya.

“Terimakasih kepada Pak Isdianto karena memulai pembangunan ini dan kami selesaikan dan resmikan pada hari ini. Kita doakan selalu sehat dan yang terbaik untuk beliau,” ucapnya

Ucapan terimakasih juga disampaikan Gubernur Ansar kepada Kajati Kepri Gerry Yazid yang ikut mendampingi selama kunjungan kerja di Kabupaten Lingga dalam rangka pengawasan pelaksanaan program pembangunan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Kabupaten Lingga.